Kamis, 5 April 2012 – 08:42 WITA Telah dibaca 251 kali

Onibala: Pemerintah Kecamatan Merupakan Garda Terdepan

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi SULUT, Drs Mecky M Onibala, MSi menyatakan, pemerintahan Kecamatan merupakan garda terdepan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di daerah kabupaten kota. Karena itu peran seorang Camat sangat sangat penting artinya.

Hal itu disampaikan Onibala, saat membuka Rapat Koordinasi Pembinaan Wilayah dan Pemberdayaan Pemerintahan Umum di Kecamatan, yang digelar Biro Pemerintahan dan Humas di Swiss Belhotel Maleosan Manado, Senin lalu.

Sebagai garda terdepan di wilayah, Camat mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat. Karena itu diharapkan dengan peran demikian maka satu daun pun yang jatuh di kecamatan mestinya Camat harus tahu, itu berarti Camat tersebut ada bekerja, jangan sebaliknya baru hujan sedikit camat sudah lari, ujarnya.

Onibala juga mengingatkan Camat sebagai ujung tombak dan lini terdepan dalam pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan serta sebagai urusan otonomi yang dilimpahknanoleh Bupati/Walikota. Namun demikian hendak diingatkan, bahwa tugas tersebut tidak memposisikan camat sebagai kepala wilayah, karena kecamatan bukan merupakan wlayah kekuasaan tetapi menjadi wilayah pelayanan (Public Service Delivery), tegasnya. Materi Rapat Koordinasi ini akan diberikan oleh Drs. Frans Loway, Kasubdit Pembinaan Kecamatan Ditjen PUM Kemendagri RI.

Sementara ditempat yang sama saat membuka rapat koordinasi pengembangan kerjasama daerah yang diikuti instansi terkait yaitu para pejabat Dinas Diknas, Bappeda dan BPMPD Kabupaten/Kota, Onibala menegaskan, dalam grand strategi pembanfgunan nasional, termasuk diProvinsi SULUT, telah secara jelas tertuang, bahwa kemampuankerjasama daerah harus dikedepankan, mencakup keterlibatan dengan BUMN/D, swasta dan masyarakat (Public-Private-People Partnership) disamping sinergitas dan Interconecticity dengan daerah-daerah lainnya, karena menjadi kunci bergerak maksimalnya pilar-pilar pencapaian, ujarnya. Meteri kegiatan ini akan diberikan antara lain oleh Drs. Sirajuddin Nonci, M.Si, Direktur Dekonsentrasi dan Kerjasama Ditjen PUM Kemendagri RI. (Kabag Humas Ch. Sumampow, SH.M.Ed selaku Jubir Pemprov SULUT)