Rabu, 28 Maret 2012 – 16:39 WITA Telah dibaca 969 kali

Wagub Canangkan Gerakan Masyarakat Tanam Cempabon

Para rimbawan di daerah ini Selasa (27/3) kemarin, memperingati Hari Bhakti ke-29. Kegiatan yang dipusatkan di Balai Penelitian Kehutanan Manado (BPKM) ikut menghadirkan Wakil Gubernur SULUT Dr.Djouhari Kansil, MPd, selaku Inspektur pada peringatan tersebut. Wagub Kansil yang dikenal sebagai sosok pemimpin yang peduli terhadap lingkungan langsung melakukan pencanangan gerakan masyarakat menanam Cempaka dan Jabon (cempabon).

Gerakan tersebut merupakan pemantapan dari berbagai program pemerintah daerah seperti "SULUT Menanam" gerakan menyentuh tanah yang digulirkan Gubernur SULUT Dr. Sinyo Harry Sarundajang sejak dua tahun silam. Karena itu pencanangan gerakan masyarakat menanam cempabon merupakan tindak lanjut dari program SULUT menanam, ujar Kansil di celah-celah sambutannya.

Kansil mengatakan, Pemprov SULUT melakukan semua itu semata-mata adalah untuk masa depan generasi mendatang yaitu demi anak cucuk kita. Jika hutan tidak dilestarikan dan dioptimalkan sesuai peruntukan, maka akan memberi dampag buruk bagi iklim investasi perekonomian dan daya saing serta reputasi Indonesia dimata dunia internasional. Sebab hutan bukan saja memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi dan sosial budaya, tapi juga manfaat ekologis ini telah menjadikan hutan sebagai aset bangsa bahkan aset dunia, ujarnya.

Karena itu pembangunan kehutanan mutlak dirahkan untuk mewujudkan pengelolaan hutan lestari berbasis kesejahteraan rakyat yang tercermin melalui kondisi ekologissosial ekonomi dan kelembaggan, jelas Kansil.

Usai memberi sambutan Kansil yang didampingi Kadis Kehutanan SULUT Ir Herry Rotinsulu, Wakajati SULUT Eddy Rakamto, SH MH, Wadanlantamal VIII Kol. I ketut Suarya dan pejabat lainnya melakukan penanaman pohon jabon merah sekaligus peninjauan lokasi persemaian permanen yang sementara melakukan pembibitan enam jenis tanaman yaitu cempaka wasian, trambesi, mahoni, jabon dan sengon masing-masing sebanyak 1 juta bibit. (Kabag Humas Ch Sumampow, SH MEd selaku jubir Pemprov).