Rabu, 28 Maret 2012 – 08:20 WITA Telah dibaca 665 kali

Kansil Hadiri Rakernas PNPM Mandiri

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Dr. Djouhari Kansil, Selasa (27/3) kemarin menghadiri rapat kerja nasional sosialisasi PNPM Mandiri Perdesaan tahun anggaran 2012 di Jakarta. Menurut Kansil, acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden Boediono didampingi Menteri Koordinator Kesejahteraan Sosial Agung Laksono, dan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, serta Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Kansil menjelaskan, berdasarkan penegasan Wapres dalam sambutannya, PNPM Mandiri sebagai salah satu program pengentasan kemiskinan harus mampu menjangkau masyarakat secara lebih luas yang sebelumnya mungkin tidak terjangkau dari program-program pembangunan biasa. ‘Harus diakui, khusus SULUT PNPM Mandiri telah berhasil dan mampu mendorong partisipasi publik di dalam pembangunan. Bahkan mampu meningkatkan peran perempuan secara signifikan dalam pembangunan’, ujar Kansil.

Lanjut Putra terbaik Nusa Utara menjelaskan, sesuai arahan Wapres dalam rakernas tersebut, keberhasilan PNPM Mandiri tidak bisa dilepaskan dari beberapa hal utama yang harus dimiliki. Pertama adalah partisipasi masyarakat untuk turut serta secara langsung mulai dari perencanaan hingga pengawasan program. Kedua, adanya akuntabilitas program yang memungkinkan banyak pihak mengawasi aliran dana yang dipergunakan dalam program. Ketiga, adanya sinergi program antara berbagai pihak dalam pembentukan program sehingga tidak tumpang tindih. Keempat adalah sumberdaya pembina program di lapangan yang berkualitas. ‘Keempat hal ini yang harus diperhatikan dalam pemberian PNPM Mandiri di SULUT’, tegas Kansil sembari menambahkan kalau PNPM Mandiri merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi yang bisa dijangkau rakyat. (Jubir Pemprov SULUT, C. H. Sumampow, SH, M.Ed)