Jumat, 23 Maret 2012 – 16:54 WITA Telah dibaca 1143 kali

Hari Ini, Bolmong Genap Berusia 58 Tahun

Foto: kantor Bupati Bolmong di Lolak.

HARI Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) ke-58 jatuh pada 23 Maret hari ini. Namun, berhubung umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi, puncak kegiatan akan dilaksanakan Sabtu (24/3) pagi besok.

Eksekutif dan legislatif sebagai mitra kerja pun sepakat bahwa pelaksanaan HUT dilaksanakan pada 24 Maret. Persiapan demi persiapan pun terus dimantapkan, apalagi selain perdana untuk pasangan Bupati Hi Salihi B Mokodongan dan Wabup Yanny Ronny Tuuk STh (pasangan Bersatu), sekaligus juga pertama kalinya digelar di Lolak sebagai ibukotanya kabupaten. '‘Yang pasti, kami akan buat meriah tetapi semurah mungkin tanpa meninggalkan balutan adat istiadat Bolaang Mongondow’,' kata Ketua Panpel HUT Ir Norma Makalalag melalui pres release ke Bagian Humas, kemarin.

Ia menambahkan, sebelum hari H kegiatan HUT, pihaknya tidak putus melakukan koordinasi dengan seluruh seksi termasuk para top eksekutif, termasuk pihak legislatif. Apalagi, kegiatan ini selain upacara di Halaman Kantor Bupati Bolmong di Desa Lalow, Kecamatan Lolak, sekaligus juga rencana ziarah rombongan ke TMP Mongkonai dan selanjutnya Sidang Paripurna di Gedung DPRD Bolmong di jalan Paloko Kinalang Kotamobagu. '‘Kami sudah siap luar dalam tentunya dukungan semua pihak’,' katanya.

Di tempat terpisah, Bupati Hi Salihi B Mokodongan, tidak henti-hentinya memonitor pelaksanaan kegiatan. Jumat (23/3) kemarin, misalnya, top eksekutif Bolmong itu turun melihat langsung persiapan dalam pelaksanaan upacara puncak, pada Sabtu (24/3) pagi hari ini. '‘Mari kita rayakan HUT kali ini dengan semangat mototompiaan, mototabian bo mototanoban (saling memperbaiki, saling menyayangi, dan saling mengingatkan, red), mari kita kejar segala ketertinggalan, demi untuk terwujudnya Bolaang Mongondow yang berbudaya, berdaya saing, dan sejahtera’,' ungkap Salihi, didampingi Wabup Yanny R Tuuk STh dan Sekda Drs Hi Farid Asimin MAP.

Di kesempatan yang sama, jubir Pemkab Bolmong Ny Hj Rafiqah Bora SE mengatakan, kegiatan upacara puncak akan dipusatkan di Halaman Kantor Bupati. Selanjutnya ziarah ke TMP dan Sidang Paripurna di Kota Kotamobagu. '‘Jadi usai upacara di Lolak, bupati (Hi Salihi B Mokodongan,red) dan rombongan menuju ke Kota Kotamobagu untuk ziarah dan sidang paripurna. Malam harinya juga akan ada pesta rakyat dan dipusatkan di Halaman Kantor Bupati’,' tambah Rafiqah, didampingi Kasubag Pengumpulan Informasi dan Pemberitaan Ronald Mokoginta SIP.