Jumat, 23 Maret 2012 – 13:00 WITA Telah dibaca 663 kali

Tim Peneliti Lemnahas Puji Jumpa Berlian Pemkot Manado

Untuk melakukan kajian terhadap nilai-nilai kebangsaan ditengah kehidupan masyarakat Kota Manado, tim Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia, melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di daerah ini, serta aparat Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, awal minggu kemarin di ruang serbaguna Pemkot Manado.

Kajian tersebut penting untuk mengukur tingkat pemahaman masyarakat tentang arti empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.
"Nilai-nilai kebangsaan yang dimiliki sekarang ini mulai luntur. Makanya perlu ada yang menyemangati kembali, sehingga Pancasila bisa menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Ini yang ingin kita capai dalam kajian Lemhanas ke Manado", pungkas Direktur Ideologi dan Kewaspadaan Nasional Deputi Nilai-nilai Kebangsaan Lemhanas, Laksamana Pertama TNI Djoko Prapto Harsono, yang bertindak selaku ketua tim Lemhanas.

Menurutnya, nilai-nilai kebangsaan yang ada di NKRI harus berakar di masyarakat, dibangun dengan kecintaan terhadap bangsa dan negara. Pemerintah di daerah tambahnya, harus mampu menjadi teladan ditengah masyarakat.
Harsono mengaku salut dengan kepemimpinan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Harley Mangindaan, yang turun langsung berbaur dengan masyarakat. Sebagai contoh, ada program Jumat Pagi Bersih Lingkungan Anda (Jumpa Berlian). Program ini sangat baik untuk diterapkan tidak hanya di Manado tetapi diseluruh Indonesia.

"Saya salut dengan adanya Jumpa Berlian. Ini tandanya pemimpin yang mau berbaur dengan masyarakat. Ini bisa menjadi contoh yang baik yang telah ditunjukan oleh Walikota Manado’, ujar Harsono.
Selain itu, Lemhanas juga memberikan apresiasi dengan wadah kerukunan yang ada di Kota Manado seperti Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA). Menurut Harsono, wadah ini merupakan kearifan lokal yang perlu dipelihara dan dikembangkan.