Selasa, 20 Maret 2012 – 18:46 WITA Telah dibaca 743 kali

Menpan-RB Sosialisasi Standar Pelayanan Publik di SULUT

Kantor pusat pemerintahan provinsi Sulawesi Utara di jalan 17 Agustus.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia mengadakan Sosialisasi Undang-undang nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik yang dirangkaikan dengan ujicoba Rancangan Juknis Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan bertempat di Ruang Mapaluse Kantor Gubernur SULUT, Selasa (20/3). Kegiatan tersebut sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah dalam rangka peningkatan kualitas Pelayanan Publik sebagai barometer Pelayanan Publik yang Prima guna memantapkan Reformasi Birokrasi dan mewujudkan Tata Pemerintahan yang baik, khususnya dilingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Hadir sebagai pembicara dari Kementerian PAN-RB adalah Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN –RB Bapak Wiharto, yang menyampaikan pentingnya Standar Pelayanan adalah sebagai tolok ukur keberhasilan pelayanan prima, sehingga reformasi birokrasi akan menghasilkan pelayanan publik yang prima. "Kementerian PAN-RB nantinya akan membuat peringkat Provinsi seluruh Indonesia dalam hal pelayanan publik terbaik dan diharapkan SULUT menjadi Provinsi Terbaik Seluruh Indonesia" ungkap Wiharto.

Gubernur Sulawesi Utara dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Ir. S.R. Mokodongan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Kementerian PAN-RB yang memilih Sulawesi Utara sebagai Daerah tujuan sosialisasi. dengan demikian Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara harus memanfaatkan momen ini untuk menjadikan Sulawesi Utara sebagai pilot project pelayanan prima. Lebih lanjut Gubernur menyampaikan bahwa pelayanan publik pada dasarnya menyangkut berbagai spektrum kehidupan yang luas mencakup pelayanan dasar seperti Kesehatan, Pendidikan, penyediaan air bersih, dan penciptaan iklim infestasi yang kondusif dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga pelayanan publik mutlak menjadi prioritas pembangunan, demi kesejahteraan masyarakat di SULUT. Melalui kegiatan ini juga diharapkan segenap lini organisasi Pemerintahan Daerah mampu menyerap langkah-langkah penyusunan, penetapan, dan penerapan standar pelayanan sebagai respon atas tuntutan masyarakat yang semakin sadar apa yang menjadi hak dan kewajibannya sebagai warga negara, dan semakin kritis dalam melakukan kontrol terhadap kebijakan Pemerintah seiring berkembangnya lingkungan strategis.

Kepada rombongan Kementerian PAN-RB yang turut dimotori oleh Drs. F. Mewengkang sebagai Asisten Deputi Bidang Pengembangan dan Standarisari Pelayanan, Sekretaris Daerah Provinsi SULUT Ir. S.R. Mokodongan menyampaikan bahwa Provinsi Sulawesi Utara siap menjadi Provinsi terdepan dalam pelayanan publik sejalan dengan hasil pencapaian WTP selama 2 tahun berturut-turut, yang juga sebagai indikator pelayanan publik yang baik.

Pada kesempatan ini Mokodongan juga menyampaikan usul kepada Kementerian PAN-RB dalam membuat peringkat Provinsi dengan pelayanan publik terbaik nantinya, Kementerian PAN-RB dapat bekerja sama dengan Kementerian Keuangan untuk kiranya dapat memberikan reward yang besar dalam bentuk dana insentif bagi Pemda yang mampu meraih prestasi sebagai Pemda dengan pelayan publik terbaik, sehingga dapat merangsang Pemerintah Daerah berlomba-lomba menjadi yang terbaik. "Reward ini diharapkan menjadi motivasi positif untuk meraih predikat Provinsi dengan pelayanan publik terbaik" lanjut Mokodongan.

Rombongan Kementerian PAN-RB pada kesempatan ini dipimpin oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Bapak Wiharto, didampingi Asisten Deputi Bidang Pengembangan dan Standarisasi Pelayanan Drs. F. Mewengkang, Asisten Deputi Bidang Rumusan Kebijakan Publik Bapak M. Sitorus, bersama 2 orang Kepala Bidang sebagai Nara Sumber dan 4 orang staf.

Hadir pada acara ini Asisten Administrasi Umum Sekda Prov SULUT Edwin Silangen, Kepala Biro Organisasi Dra. Lynda Watania, Msi, bersama sejumlah pejabat eselon II, III, dan IV dilingkungan Pemprov SULUT sebagai peserta sosialisasi. (Kepala Bagian Humas Ch. Sumampow SH, MEd selaku Juru Bicara Pemprov SULUT)