Senin, 19 Maret 2012 – 19:32 WITA Telah dibaca 802 kali

Pembangunan 5000 Perumahan PNS Pemprov Siap Action

Kabar gembira bagi 6.115 pegawai negeri sipil (PNS) dilingkungan Pemprov SULUT. Dalam waktu dekat ini, Pemprov SULUT akan segera membangun perumahan khusus PNS sebanyak 5000 rumah PNS. Hal tersebut disampaikan Gubernur SULUT Dr. S. H. Sarundajang ketika menggelar rapat dengan sejumlah Kepala SKPD di ruang kerjanya pada Senin (19/3).

Menurut Sarundajang, pembangunan 5000 rumah PNS tersebut sudah disetujui Menteri Perumahan Rakyat, begitu juga dengan pihak Perum Perumnas. ‘Bahkan MOU sudah ditandatangani’, ujarnya sembari menambahkan bahwa pihak Pemprov dalam hal ini telah menyediakan sejumlah lahan yang nantinya diperuntukkan guna mendirikan perumahan dimaksud.
Lanjut Sarundajang menjelaskan, perumahan PNS tersebut akan sangat membantu para PNS khususnya mereka yang belum memiliki rumah sendiri, karena secara pribadi Sarundajang mengakui sudah banyak PNS yang gajinya tinggal separuh karena setengah gaji yang lain sudah digadaikan di bank. dengan adanya perumahan PNS ini, untuk tipe 36 saja setorannya hanya berkisar Rp 300–500 ribu per bulan untuk masa kredit 15 tahun. ‘Harga akan menjadi sangat lebih murah karena masalah tanah, listrik, dan pembangunan infrastruktur jalan akan menjadi tanggungan Pemprov SULUT’, jelas Birokrat sejati ini.

Data dari Badan Kepegawaian Daerah SULUT, jumlah PNS Pemprov saat ini sebanyak 6.115 orang yang terdiri dari 81 PNS golongan I, 1.518 PNS golongan II, 4.107 PNS golongan III, dan 409 PNS golongan IV. Sementara estimasi kasar sekitar 30% dari jumlah PNS tersebut sudah memiliki rumah sendiri yang layak huni, sebagian besar adalah seluruh PNS golongan 4 dan sisanya lagi PNS golongan III. ‘Perumahan PNS ini dikhususkan bagi PNS yang betul-betul belum memiliki rumah sendiri’, tukas Sarundajang.

Kabar gembira ini disambut hangat sejumlah PNS Pemprov SULUT yang mengaku belum mempunyai rumah sendiri. Seperti halnya yang diungkapkan salah satu staf biro Pemerintahan dan Humas Jemmy Pangkey. PNS yang saat ini tercatat golongan II d dengan masa kerja 23 tahun tersebut memuji kebijakan tersebut. ‘dengan terealisasinya pembangunan perumahan PNS tersebut, secara otomatis tingkat kesejahteraan PNS Pemprov SULUT semakin meningkat’, ungkap Pangkey sembari berharap sekiranya pengadaan perumahan PNS dimaksud benar-benar memprioritaskan PNS golongan bawah dulu. (Jubir Pemprov SULUT, C. H. Sumampow, SH, M.Ed)