Sabtu, 17 Maret 2012 – 21:06 WITA Telah dibaca 885 kali

Jajaran Pemprov Beri Penghormatan Terakhir kepada Alm JF Mailangkay

Hujan deras yang tiba-tiba turun membahasi bumi sama sekali tidak membuat Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Djouihari Kansil, M.Pd yang bertindak selaku Inspektur Upacara, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara Ibu Deitje Sarundajang Laoh-Tambuuwun, Ibu Mieke Kansil Tatengkeng, Sekretaris Daerah Provinsi SULUT Ir. Siswa Rahmat Mokodongan dan Ketua Dharma Wanita Provinsi SULUT Ibu Esther Mokodongan-Turang dan Para Pejabat Eselon 2 Pemprov SULUT juga Mantan Wakil Gebernur Drs. Abdullah Mokoginta Mantan Menaker dan Anggota DPR RI Drs. Theo Sambuaga dan beberapa pensiunan pejabat teras Pemprov SULUT beranjak dari tempatnya.

Meskipun serpihan hujan deras sempat membasahi, mereka tetap dalam sikap sempurna dan memberikan penghormatan kepada Jenazah mantan Sekretaris Wilayah Daerah Tingkat I Propinsi Sulawesi Utara Drs. J.F. Mailangkay. Hujan yang turun membasahi bumi seakan menyelimuti Bumi Nyiur Melambai yang tengah kehilangan sosok birokrat yang telah mengisi catatan sejarah Provinsi Sulawesi Utara dengan pengabdiannya yang paripurna bagi daerah, masyarakat dan negara. Jenazah almarhum disemayamkan di Teras Halaman Depan Kantor Gubernur Sulawesi Utara untuk menerima Penghormatan terakhir dari jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Almarhum Drs. J.F. Mailangkay yang dilahirkan di Desa Remboken tanggal 23 Desember 1941, memulai karir birokratnya sebagai CPNS dengan pangkat Pengatur Muda Iia pada tahun 1963. Lulusan Institut Ilmu Keuangan Jakarta Tahun 1971 ini mulai menapaki karirnya setelah diangkat menjadi Kepala Dinas Pendapatan Daerah Tingkat II Minahasa tahun 1972. Tahun 1974 almarhum kemudian menjabat Kepala Biro Keuangan Setwilda Tingkat II Minahasa.

Karir di Pemerintah Provinsi dimulai sejak almarhum dipercayakan sebagai Wakil Kepala Biro Keuangan Setwilda Tingkat I Sulawesi Utara tahun 1976 dan kemudian diangkat menjadi Kepala Biro Keuangan Setwilda Tingkat I Sulawesi Utara tahun 1980, selanjutnya menjabat Kepala Dinas Pendapatan Daerah Tingkat I Sulawesi Utara tahun 1984, Asisten Administrasi Sekwilda Tkt. I Sulawesi Utara tahun 1986, Inspektur Wilayah Provinsi Sulawesi Utara tahun 1992 (merangkap sebagai Pembantu Gubernur Wilayah I Sulawesi Utara) dan akhirnya mencapai puncak ketika dipercayakan menjadi Sekretaris Wilayah Daerah Tingkat I Sulawesi Utara Tahun 1999 sampai 2001.

Selain itu Almarhum juga pernah berkarir di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Utara behkan pernah menjabat Komisaris Utara tahun 2001 – 2003, pernah menjadi Komisaris Utara PT Pengembangan Pariwisata Propinsi SULUT (PPSU) dan sampai akhir hayatnya menjadi Ketua Koperasi Pegawai Kopergub Kantor Gubernur SULUT. Tercatat juga sebagai aktifis pemuda gereja dan aktif dalam pelayanan Gereja Masehi Injili di Minahasa bahkan sempat menjadi menjadi Pemeriksa Keuangan Sinode GMIM.

Gubernur Sulawesi Utara Dr. Sinyo Harry Sarundajang dalam sambutan penghiburannya yang dibacakan Wakil Gubernur Dr. Djouhari Kansil, M.Pd mengatakan almarhum adalah sosok pemimpin yang sarat dengan nilai-nilai kehidupan, cerdas dan pekerja keras, selalu berpenampilan sederhana namun memabcarkan kharisma, selalu tersenyum, pemimpin melaksanakan tugasnya. Bumi Nyiur Melambai kehilangan lagi seorang tokoh panutan, Ketika akan dimasukkan lagi ke Mobil Jenazah Peti Jenazah diusung oleh Sejumlah Pejabat Eselon 2 dan dipimpin langsung oleh Sekprov Ir. Siswa Rahmat Mokodongan. Selamat Jalan Bapak Drs. Jan Fredrik Mailangkay, jasa dan pengabdianmu memberikan motivasi bagi kami semua untuk berbakti memajukan Provinsi Sulawesi Utara. (Kabag Humas Ch. Sumampow, SH.M.Ed selaku Jubir Pemprov SULUT)