Kamis, 15 Maret 2012 – 11:54 WITA Telah dibaca 660 kali

Rapat Koordinasi Energi dan Sumber Daya Mineral Se SULUT Dibuka Wagub Kansil

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Dr. Djouhari Kansil, Kamis (15/3) pagi membuka rapat koordinasi dan sinergitas pelaksanaan tugas bidang energi dan sumber daya mineral se SULUT.

Rapat yang digelar di Swissbell hotel tersebut mengangkat tema peningkatan koordinasi dan sinergitas pelaksanaan tugas bidang energi dan sumber daya mineral dan dihadiri oleh seluruh Kepala SKPD tekait dari 15 kabupaten/kota se SULUT. Kansil yang dalam acara tersebut didampingi Kepala Dinas ESDM SULUT Ir. Boy Tamon.

Menurut Kansil, pengelolaan energi dan sumber daya mineral harus diseriusi karena hal ini merupakan salah satu sektor pendukung pembangunan. Oleh karena itu, pemberian ijin untuk bidang energi dan sumber daya mineral harus melalui pengkajian yang komprehensif agar pengelolaannya benar-benar untuk peningkatan pendapatan daerah, peningkatan kesejahteraan rakyat, membuka lapangan pekerjaan, dan mengurangi kemiskinan.

"Jangan justru sebaliknya, akibat pemberian ijin yang tidak dikaji sebaik mungkin, terjadi eksplorasi yang justru hanya merugikan masyarakat", ujar mantan Kaban Diklat SULUT ini.

Lebih lanjut Kansil menegaskan kepada seluruh kabupaten dan kota untuk lebih menseriusi masalah pengelolaan energi dan sumber daya mineral di masing-masing daerah agar tidak terjadi tumpang tindih.

"Antara provinsi dan kabupaten/kota harus ada sinegitas yang baik agar pengelolaan bidang ESDM benar dan jelas peruntukannya", tegasnya.