Senin, 20 Februari 2012 – 17:29 WITA Telah dibaca 743 kali

LAKIP Pemprov SULUT Terbaik Se Indonesia

Gubernur Sulawesi Utara Dr. Sinyo Harry Sarundajang, Selasa (21/02) hari ini akan menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI berkaitan dengan evaluasi terhadap penilaian implementasi dan pengembangan akuntabilitas kinerja di lingkungan instansi pemerintah tahun 2011. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan duet Dr. S. H. Sarundajang dan Dr. Djouhari Kansil dinilai telah mampu mendorong Terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil (result oriented government).

Pemberian penghargaan tersebut menurut Kepala Biro Organisasi Dra. Lynda Watania, MM, berdasarkan amanat peraturan pemerintah (PP) nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja instansi pemerintah, Instruksi Presiden nomor 7 tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Keputusan Menteri Negara PAN nomor KEP-135/M.PAN/9/2004 tentang pedoman umum evaluasi LAKIP, dan peraturan Menteri Negara PAN dan RB nomor 35 tahun 2011 tentang petunjuk pelaksanaan evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2011. ‘Kemenpan dan RB pada tahun lalu telah melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja terhadap pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang telah menyerahkan LAKIP tepat waktu’, jelas Watania yang saat ini sedang berada di Jakarta untuk mendampingi Sarundajang pada penyerahan penghargaan dimaksud.

Lanjut mahasiswa program Doktoral Unpad Bandung ini menjelaskan, Pemprov SULUT merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang mendapatkan penghargaan karena mampu menjabarkan dan melaksanakan program kegiatan sesuai dengan visi misi Gubernur/Wagub yang tertuang dalam renstra RPJMD Provins SULUT. ‘Hal ini membuktikan keseriusan SKPD dalam menjabarkan berbagai program kegiatan’, tandas Watania sembari menambahkan bahwa penyerahan penghargaan dimaksud akan dilaksanakan di kantor Kemenpan dan RB Jakarta Selatan.

(Jubir Pemprov SULUT, C. H. Sumampow, SH, M.Ed)