Rabu, 16 November 2011 – 14:16 WITA Telah dibaca 1142 kali

Wagub: PNPM Mandiri Tetap Bangun Kemandirian Rakyat

Wakil Gubernur SULUT DR Djouhari Kansil. Mpd mengatakan seluruh program PNPM Mandiri yang dilaksanakan harus terus dapat membantu rakyat untuk membangun kemandirian yang berkeadilan dan mensejahterakan. Hal tersebut disampaikan wagub saat membuka jambore Unit Pengelola Kegiatan (UPK), PNPM Mandiri perdesaan tingkat Provinsi SULUT tahun 2011 yang dilaksanakan Rabu (16/11) November 2011, bertempat di Hotel Sahid Kawanua Manado.

"Melalui PNPM Mandiri, diharapkan masyarakat mampu mandiri dalam membuat keputusan dalam perencanaan kegiatan pembangunan, dapat mengembangkan kapasitas yang partisifatif", kata Wagub.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan PNPM Mandiri, patut dihargai dan dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk menghantar masyarakat pedesaan kegerbang kesadaran dalam membangun kemandirian yang berkeadilan.

Melalui kegiatan Jambore kali ini, Wagub mengingatkan beberapa hal yakni implementasi PNPM Mandiri perdesaan terus dilakukan dengan pengelolaan yang transparan dan akuntabel. Pentingnya peningkatan kinerja pelaku PNPM Mandiri disemua tingkatan untuk pengolaan yang baik.

"Pemerintah Provinsi dan Kabupaten memiliki komitmen pembangunan berkelanjutan, PNPM Mandiri perdesaan merupakan program bersama anatr pemerintah pusat dan daerah, untuk itu butuh dukungan dari DPRD melalui berbagai bantuan bagi masyarakat", katanya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi SULUT, DR drh. FD Rotinsulu menyatakan kegiatan jambore ini dilaksanakan untuk menigkatkan kapasitas sumber daya pengurus UPK PNPM Mandiri, meningkatkan profesionalisme kerja di sektor pengembangan usaha ekonomi produktif masyarakat miskin, memberikan motivasi kepada kelompok usaha agar lebih produktif.

Dalam jambore tersebut juga dilaksanakan pameran hasil produksi aneka usaha UPK PNPM Mnadiri, serta kegiatan pendukung berupa lomba cerdas cermat UPK, lomba cipta lagu, lomba stand. Dilaksanakan juga seminar tentang kewirausahaan UPK PNPM Mandiri. Peserta jambore berjumlah 124 pengurus UPK kecamatan dan BKAD utusan dari 11 kabupaten lokasi PNPM Mandiri.