Rabu, 26 Oktober 2011 – 05:13 WITA Telah dibaca 879 kali

Kansil Sidak Biro Keuangan dan BKD

Wakil Gubernur Sulawesi Utara DR. Djouhari Kansil, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Biro Keuangan dan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi SULUT. Kunjungan mendadak Kansil di dua SKPD ini Selasa kemarin sempat mengejutkan para PNS yang ada. Pasalnya, selain mengontrol langsung pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, jebolan doktor Cum Laude Universitas Merdeka Malang ini juga melakukan dialog langsung seputaran public service dengan staf yang bertugas di loket maupun dengan warga yang kebetulan ada untuk meminta pelayanan. '‘Ini merupakan sidak rutin selaku Wagub antara lain mengawasi apakah proses semua pekerjaan berjalan baik, apakah aparatur mampu bekerja dengan baik atau malah sebaliknya’,' ujar Kansil.

Dalam sidak tersebut, Kansil kembali mengingatkan kepada PNS di Biro Keuangan dan BKD khususnya yang bersentuhan langsung dengan pemberian pelayanan kepada masyarakat untuk terus memaksimalkan kinerja, memberikan pelayanan prima tanpa pandang siapa yang akan dan harus dilayani. '‘Khusus untuk yang menangani keuangan agar lebih teliti dalam memeriksa semua kelengkapan berkas untuk pencairan anggaran. Kalau memang berkas belum lengkap SKPD apapun itu tidak boleh diproses’,' tegas mantan Kadis Diknas ini.

Sementara di BKD, Kunjungan Kansil diterima langsung oleh Sekretaris BKD Flora Krisen SH, MH. di SKPD yang bersentuhan langsung dengan masalah kepegawaian ini, Kansil memberikan arahan kepada sejumlah PNS yang ada khusus penanganan reformasi birokrasi. Karena menurut Kansil, titik awal pemantapan reformasi birokrasi harusnya dimulai dari BKD itu sendiri. Selain itu, Kansil juga memintakan kepada Sekretaris BKD agar system pelaporan langsung (on line) yang terkoneksi dari BKD ke ruang kerja Wagub agar diaktifkan kembali. '‘Hal ini memudahkan saya mengontrol perkembangan kepegawaian SULUT secara up to date',' jelasnya.