Senin, 24 Oktober 2011 – 18:41 WITA Telah dibaca 484 kali

Wagub: Peranan Pengawas Penting Untuk Pemerintahan Bersih

Wakil gubernur SULUT, Djouhari Kansil.

Peranan pengawasan dalam menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih, sangat diperlukan agar bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Hal tersebut disampaikan wakil gubenur SULUT, DR Djouhari Kansil, Mpd saat membuka Diklat pemeriksaan administrasi keuangan dan konstruksi yang diselenggarakan Senin (24/10), bertempat di kantor Inspektorat Provinsi SULUT.

"Gerak pemerintahan harus berjalan seimbang, setiap aparatur pemerintahan harus melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik dan benar dengan tetap mengacu pada undang-undang", ujar Wagub.

Dilanjutkannya, pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah oleh pemerintah gubernur, walikota, bupati, dilakuakan oleh pihak yang berwenang yakni inspektorat. Pemerintahan yang bersih akan menciptakan akuntabilitas publik yang tinggi dan transparan.

"Para inspektorat diharapkan membangun sinergitas dan koordinasi bersama dengan berpedoman pada norma obyektif, profesional independen dan tidak mencari kesalahan", ujarnya.

Kelancaran pembangunan dan menjamin kualitas hasil yang dilaksanakan oleh inspektorat hendaknya lebih ditekankan pada aspek pencegahan, sehingga audit yang dilakukan akan terasa lebih bermanfaat, sehingga adanya solusi untuk segera memperbaiki kelemahan yang ada dan mencegah terulangnya lagi permasalahan yang sama.

Memahami hal tersebut, melalui pelaksanaan kegiatan diklat ini diharapkan akan dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan kemampuan aparat inspektorat tentang administrasi keuangan dan konstruksi. di samping itu juga akan menjadi wahana untuk melakukan koordinasi secara terintegrasi dan persamaan persepsi antara aparatur pengawas daerah, baik yang ada di provinsi maupun kabupaten/kota.