Jumat, 15 April 2011 – 16:22 WITA Telah dibaca 1479 kali

Bahas Pengurangan Bencana, PRB SULUT Gelar Rapat Koordinasi

Maraknya berbagai peristiwa Bencana Alam yang terjadi akhir-akhir ini, membuat seluruh Pimpinan Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Provinsi Sulawesi Utara tidak mau tinggal diam. Berbagai upaya dilakukan, termasuk melakukan rapat koordinasi forum pengurangan resiko bencana Provinsi Sulawesi Utara.

Rakor yang dilaksanakan pada beberpa hari lalu, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi SULUT Ir. S. R. Mokodongan. Dalam sambutannya, Mokodongan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap forum PRB yang selalu gelisah dengan persoalan pengurangan resiko bencana di bumi Nyiur melambai ini. '‘SULUT merupakan salah satu daerah yang rawan bencana. Hal ini disebabkan karena letak geografi, kondisi topografi, keadaan iklim, serta faktor demografi dan kondisi sosial ekonomi. Berdasarkan pengalaman selama ini, penganganan bencana alam yang sering dilakukan dirasakan masih menemui berbagai kendala, diantaranya keterlambatan dalam hal menerima dan menyampaikan informasi, penugasan tim reaksi, penetapan status bencana, dan dalam memberikan bantuan kepada daerah yang kena bencana’,' ujar Mokodongan panjang lebar.

Menurut Mokodongan, saat ini keberlanjutan pembangunan Indonesia berada dititik kritis, karena terjadinya bencana ekologis yang secara akumulatif dan simultan diberbagai tempat tanpa ada upaya yang signifikan untuk mengurangi kerentanan dan kerawanan masyarakat terhadap dampak bencana ekologis. Pada dasarnya bencana alam diakibatkan oleh dua hal yakni karena proses alamiah dan ulah manusia.

'‘Dampak langsung bencana pada manusia tidak terkira besarnya karena menyebabkan kematian, luka, penyakit, dan penderitaan. Makanya sangat diperlukan adanya koordinasi penanggulangan bencana dengan semua komponen masyarakat, selain penyiapan sarana dan prasarana penanggulangan bencana seperti peralatan komunikasi dan informasi bencana’,' tegas mantan Kadis Kehutanan SULUT ini. Hadir dalam rakor tersebut, Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Ir. Sugeng Triutomo, DESS, Ketua forum PRB SULUT Ivan Sarundajang, Ketua PDDI SULUT Suhendro Boroma, dan beberapa stakeholder. (Jubir Pemprov SULUT, C. H. Sumampow, SH, M.Ed)