Jumat, 8 April 2011 – 07:41 WITA Telah dibaca 1739 kali

Buntut Putusnya Jaringan Kamis Kemarin

Telkomsel Dinilai Tidak Profesional

Setelah membuat bingung pengguna telpon di Sulawesi Utara pada Kamis kemarin sekitar pukul 12.00 hingga16.00 WITA karena gangguan jaringan, sampai hari ini, Jumat (8/4) perusahan penyedia jasa telekomunikasi selular Telkomsel tidak pernah menyampaikan permohonan maaf lewat media atau sms.

Beberapa pengguna jasa telekomunikasi tersebut kecewa dengan pelayanan Telkomsel yang terkesan tidak memperhatikan kerugian yang dialami pelanggannya. Kiki, pelanggan dengan nomor telepon 0812449XXXX kepada SUARAMANADO mengaku sangat kecewa dengan pelayanan Telkomsel. Kiki pada Kamis siang kemarin sedang mengadakan janji dengan pelanggannya di Jakarta tiba-tiba tidak dapat berkomunikasi lagi karena gangguan. Menurut Kiki, kejadian putusnya sambungan telepon Kamis kemarin membuat mitra bisnisnya kecewa seolah-olah HPnya dimatikan sengaja, padahal jaringan telponlah yang bermasalah.

Pengalaman lain dikisahkan Ibu Eva yang tinggal di kawasan Paal Dua yang ketika jaringan terputus sedang menunggu berita akhir terkini tentang pengobatan medis salah seorang anggota keluarganya yang sedang dirawat intensif di salah satu rumah sakit di Jakarta. Ketika dirinya dan keluarga di Manado sedang tegang-tegangnya menunggu kabar terakhir, saluran telepon macet dan komunikasi terputus hampir empat jam.

Pakar Telematika dari Universitas Nusantara Manado, Lucky Mangkey, M.Kom menjelaskan tentang profesionalsime dan kewajiban perusahaan penyedia jasa telekomunikasi untuk memberitahukan lebih awal jika ada perbaikan jaringan telekounikasi kepada pelanggan.

"Minimal beberapa jam sebelum melakukan pemutusan atau perbaikan jaringan harus ada pemberitahuan kepada pelanggan. Jika ada rencana pengembangan kapasitas atau pengembangan peralatan di BTS (BASE TRANSCEIVER STATION), maka perusahaan wajib memberitahukan kepada semua pelanggan lebih awal lewat pengumuman di media masa atau pemberitahuan tertulis lewat SMS, e-mail atau surat.

Menyinggung tentang pelayanan salah satu perusahan jasa telekomunikasi terbesar di Manado, Telkomsel, Lucky mengharapkan agar Telkomsel yang sudah memiliki layanan dan jaringan sampai ke internasional ini tentunya akan mengumumkan kepada semua pelanggan tentang gerangan apa yang terjadi Kamis siang. Mangkey mengaku sangat yakin dengan kualitas pelayanan Telkomsel karena selama bepergian ke luar negeri dirinya mendapatkan pelayanan yang prima dari penyedia jasa telekomunikasi itu dibandingkan dengan penyedia jasa selular lainnya yang digunakan teman-teman dari Indonesia.