Jumat, 20 Mei 2016 – 07:35 WITA Telah dibaca 711 kali

Pelaporan Dana BOS Semakin Transparan dengan Sistem ALPK

SUARAMANADO

,Manado. Unit Pelaksana Teknis Diknas Kecamatan Tikala membekali para Kepala Sekolah,Bendahara dan Operator tingkat SD tentang sistem Aplikasi Laporan Pertanggung jawaban Keuangan terkai dengan penggunaan Dana Operasional Sekolah (BOS) se Kecamatan Tikala dan Kecamatan Paal Dua.

Kepala UPTD Tikala Jaali Artha menilai kegiatan ini sangat penting bagi sekolah tingkat SD yang berada diwilayah kerjanya yang meliputi Kec. Tikala dan Kecamatan Paal Dua, mengingat ini merupakan yang pertama kali menggunakan Sistem ALPK. Sebelumnya pelaporan Dana BOS dilakukan secara manual tetapi mulai Tahun 2016 pelaporannya harus dengan siatem On-Line sehingga dapat dipantau langsung oleh Kementrian Pendidikan.

Ditambahkan Artha, walau Sistem ALPK telah dilengkapi dengan Juknis namaun banyak sekolah yang belum paham cara kerja dari Sistem ALPK lewat perangkat Komputer. Kegiatan selama 2 hari (19 s/d 20 Mei) di salah satu Hotel di Manado

Menurut Artha, pembiayaannya bukan dari Dana BOS tetapi bentuk inisiatif sekolah yang dikoordinir Kepsek SDN-2 Manado Maissye Watania,S.Pd. selaku Ketua Panitia kegiatan, agar tidak terjadi kesalah pahaman tentang penerapan Juknis ALPK dari Kemendikbud.(jansen)