Minggu, 30 Agustus 2015 – 18:05 WITA Telah dibaca 1523 kali

2016 Festival Seni Siswa Nasional Dihelat di SULUT

Tahun 2016 nanti, sebuah iven bertajuk Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) bakal dihelat di bumi Nyiur Melambai. Kepastian SULUT menjadi tuan rumah FLS2N tahun depan disampaikan langsung Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud RI Hamid Muhammad MSc, PhD saat penutupan hajatan tersebut di Palembang Sport & Convention Center (PSCC) Provinsi Sumatera Selatan Jumat (28/08) malam lalu.

Dirjen mengatakan, nantinya Kemendikbud akan menata kembali seluruh lomba-lomba yang dipertandingkan dalam pelaksanaan FLS2N baik itu jenis lomba, juri serta tempat penyelenggaraan yang akan diselenggarakan di SULUT, agar pelaksanaannya menjadi lebih baik.

Meminta tidak asal tunjuk utusan

Dirjen minta para Kepala Dinas Diknas dan guru-guru pembimbing supaya pelaksanaan FLS2N mendatang ada peningkatan mutu dan kualitas. Karena itu anak-anak harus mengikuti program seleksi mulai dari tingkat kabupaten/Kota hingga hantinya akan menjadi utusan Provinsi ke tingkat nasional, tidak terkesan asal tunjuk.

"Kabupaten/Kota jangan hanya hanya menyeleksi akan tetapi ikuti pola seleksi dari bawah agar anak-anak didik kita yang menjadi utusan Provinsi ke tingkat Nasional benar-benar memiliki kualifikasi tinggi, tidak hanya menjadi juara nasional tapi juga juara pada iven tingkat internasional", paparnya.

Sedangkan Wakil Gubernur SULUT, Dr Djouhari Kansil MPd usai menerima pataka sebagai tuan rumah FLS2N tahun depan dari Dirjen Dikdasmen menyatakan, pemerintah dan masyarakat SULUT siap menyambut iven nasional tersebut.

"Iven ini menumbuh kembangkan karakter anak didik yang merupakan generasi penerus bangsa. Hal ini juga merupakan dukungan seluruh pelaku pendidikan dan pemerhati pendidikan serta masyarakat. Sehingga generasi kita kedepannya berkualitas melalui kopetensi yang diikuti", ujarnya.

Selain itu, Mantan Kadis Diknas SULUT ini menegaskan bahwa keberhasilan siswa-siswi SMKN 6 Manado kategori inovasi kolintang berhasil meraih emas tentunya menjadi perhatian pemerintah.

"Siswa-siswa ini telah mengharumkan SULUT ditingkat nasional maka pemerintah akan memberikan reward", katanya sembari mengingatkan seluruh sekolah mendirikan sanggar disekolah.

Dijelaskan, sanggar-sangaar inilah merupakan tempat pembentukan para siswa untuk lebih dipersiapkan seperti ajang FLS2N.

Lanjut dikatakan, bukan hanya itu, di bidang akademik, olahraga di situ nantinya guru pembina membimbing sesuai kopetensinya. bukan hanya karena siswa tersebut memperoleh nilai 8 bidang studi matematika sehingga sekolah mengikut sertakan anak tersebut.

"Demikian dengan dengan kesiapan SULUT di ajang ini nantinya telah melakukan persiapan dan akan menganggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBN) serta persiapan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan agar berjalan dengan sukses", tegasnya.

Senada dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) SULUT mengatakan lancarnya iven ini nantinya maka, Pemprov, SULUT akan mempercayakan Iven Organiser (IO) untuk menangani hajatan ini.

"Seperti di Palembang, itu yang kami lihat, semuanya IO yang melaksanakannya dan berjalan dengan baik dan sekolah juga mempersiapkan dengan matang", imbuhnya didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dra Hartati Pontoh, MSi, Kepala Seksi Pendidikan Menengah Drs Arthur Tompodung.

Ditambahkan, selaku tuan rumah pihaknya juga telah menerima surat dari Kementerian dimana di tahun 2016 mendatang Sulawesi Utara menjadi tuan rumah. "dan Pak Wagub menerima Pataka membuktikan kesiapan SULUT dipenyelenggaraan FLS2N ke-9 tahun 2016 serta keikutsertaan siswa-siswi yang berhasil meraih prestasi yang membawa harum SULUT ditingkat Nasional".