Senin, 13 April 2015 – 22:19 WITA Telah dibaca 640 kali

Wagub Tentang Penyelenggaraan Ujian Nasional

UN Tidak Menentukan Kelulusan Siswa

Gubernur SULUT Dr Sinyo Harry Sarundajang bersama Wagub Dr Djouhari Kansil MPd, Senin (13/4) naskah Ujian Nasional (UN) Tingkat SMA di Kota Manado. Gubernur Sarundajang menyempatkan membuka naskah UN mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 7 Manado sementara Wagub Djouhari Kansil membuka naskah UN mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Katolik Rex Mundi Manado.

Usai membuka naskah Wagub yang didampingi Karo Kesra dr bahagia Mokoagow MKes serta Kabid Dikdasmen Drs Arthur Tumipa MEd melakukan peninjauan di SMK N 1 Jalan Siswa Manado. Wagub menyebutkan, para siswa tadi telah menyatakan kesiapannya untuk mengikuti UN Tahun ini, bahkan merasa optimis bahwa mereka pasti akan lulus.

"Tentunya ini tidak lepas dari pembinaan para guru-guru mereka yang telah mebidik, melatih sekaligus membimbing anak-anak ini selama tiga tahun", jelas mantan kadis Diknas SULUT ini.

Bahkan Kansil menyatakan, yang penting disini adalah kejujuran dari para siswa yang tidak bergantung pada orang lain. Karena selama tiga tahun belajar pasti mereka telahmempersiapkan diri dengan baik, ujarnya, sembari berharap kiranya anak-anak jangan ditakut-takuti, karena UN tidak menentukan kelulusan siswa.

"UN tidak menentukan kelulusan siswa, tetapi hasil ujian sekolah ditambah dengan moralitas dan karakter siswa juga ikut dinilai", tandas Kansil.

Kepala Sekolah SMA Katolik Rex Mundi Manado Suster Petra Sinaga JMJ SH MPd mengatakan, siswa yang mengikuti UN kali ini berjumlah 306 dan semua siswa mengikutinya. Sedangkan siswa yang mengikuti UN di SMK N 1 Manado berjumlah 566 siswa.