Jumat, 7 Juni 2013 – 12:19 WITA Telah dibaca 287 kali

Kakanwil Kemenag Berharap Kedepan Ada SMTK Negeri di SULUT

Drs. Hi. Sya’ban Mauluddin, M.PdI, Kanwil Kantor Kementrian Agama Provinsi SULUT.
SUARAMANADO, Manado. Dalam Rapat Koordinasi Pendidikan Kristen Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi SULUT(7/6) di H/Kawanua Manado, terungkap dari Drs. Hi. Sya’ban Mauluddin, M.PdI, selaku Kakanwil, sangat berharap di SULUT ada SMTK yang dijadikan Sekolah Menegah Theologia Kristen Negeri (SMTK Negeri).

Lebih lanjut dijelaskan, Mauluddin, di Wilayah Kerja Kemenag SULUT ada 14 unit SMTK yang semuanya dibawah pengelolaan swasta dan organisasi gereja masing-masing. Untuk itu, dihimbau agar pihak pengelola SMTK bersedia sekolahnya dijadikan SMTK Negeri. Salah satu alasan yang sangat logis dimana dengan beralihnya status menjadi SMTK-N, maka seluruh pembiayaan akan menjadi tanggung jawab pemerintah dalam hal ini Kantor Kementrian Agama.

Drs. Jeffri Kawung, S.Th. M.Si. Kabid Pendidikan Kristen Kantor Kemenag Propinsi SULUT
Selain biaya operasional, fasilitas bangunan dan SAPRAS lainnya dengan sendirinya semakin ditingkatkan pembangunannya lewat anggaran Kementrian Agama. Hal ini sejalan dengan ketentuan UU 20/2003, UU 2/89 dan PP 55/2007 tentang pendidikan agama dan keagamaan. dengan ditingkatkan menjadi SMTK Negeri, maka diharapkan SMTK tidak dianggap sebagai institusi pendidikan kelas II. Atau siswa yang tidak diakomodir di sekolah Negeri dan Swasta faforit, kemudian memilih SMTK sebagai alternative terakhir.

Sejalan dengan keinginan Kantor Kementrian Agama, Sya’ban, berkomitmen menjadikan SMTK sejajar dengan sekolah menengah lainnya, bahkan harus melebihi atau memiliki nilai Plus terhadap sekolah sejenis, melalui pemantapan dan pembekalan dari segi keagamaan.

Kepala Bidang Pendidikan Kristen Kantor Wilayah Kementrian Agama SULUT, Drs. Jeffri Kawung, S.Th. M.Si, disela-sela kegitan Rakor Pendidikan, menjelaskan. pihaknya telah merencanakan akan membantu peningkatan kwalitas SMTK lewat Pembangunan Ruang Kelas Belajar yang baru sebanyak 4 unit RKB.

Peserta Rakor Pendidikan Kristen Kantor Wilayah Kemenag SULUT
Penyalurannya akan diberikan kepada SMTK yang dinilai layak dan memenuhi persyaratan seperti, status tanah yang jelas dimiliki SMTK, bukan atas nama Yayasan. Kemudian struktur kepengurusan yang jelas dan tenaga kependidikan yang memenuhi standart. Kemenag SULUT akan menyeleksi 2 SMTK yang pantas dibantu dengan masing-masing 2 unit RKB sebesar Rp. 300 juta setiap sekolah. Jadi tahun 2013 Total dana yang disiapkan Rp. 600 juta yang pengerjaannya melalui proses tender.(Jansen)