Jumat, 1 Juli 2011 – 12:52 WITA Telah dibaca 3047 kali

Daun Gedi, Sumber Klorofil Terdekat

Masyarakat Manado dan Sulawesi Utara sangat mengenal jenis sayuran yang dipakai untuk bahan baku tinutuan, makanan khas Minahasa, daun gedi. Daun ini ternyata memiliki peran lain selain mengentalkan tinutuan, yaitu sebagai sumber klorofil alami yang sangat penting bagi tubuh.

"Klorofil merupakan zat warna yang terdapat dalam tumbuhan yang sangat berguna untuk kesehatan", ungkap Dr. Reuben Supit, direktur Eden Way kepada SUARAMANADO. Dijelaskannya, klorofil berguna untuk regenerasi sel dan jaringan tubuh. Selain itu zat itu juga berperan dalam mengangkut racun dan sampah dalam tubuh yang dikenal dengan istilah detoksifikasi.

Fungsi klorofil lainnya memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membersihakn saluran pernapasan dan asam di persendian. Klorofil juga berguna menjadi penyeimbang asam, tekanan dan gula darah. Selain memperlancar sistem peredaran darah, reproduksi, pencernaan dan penyuplai energi, klorofil merupakan antioksidan yang kuat untuk mencegah penyusupan sel-sel kanker ke jaringan tubuh.

"Klorofil dengan mudah dapat kita peroleh di daun gedi. Pohon gedi sangat mudah tumbuh dan cepat perkembangannya. Minumlah rebusan air gedi hangat setiap pagi untuk memperoleh kesehatan yang optimal", ujar Dr. Reuben.