Kamis, 26 April 2012 – 12:38 WITA Telah dibaca 1340 kali

Walikota Lobi Kementrian Pariwisata

PNPM Pariwisata di Manado Bertambah

Walikota dan wakil walikota Manado, GSV Lumentut dan Harley Mangindaan bersama Menparekraf Marie Pangesto dalam suatu kesempatan.

Walikota Manado, GS Vicky Lumentut, giat melakukan terobosan dalam mewujudkan Manado sebagai kota Model Ekowisata. Tahun 2012 ini, empat kelurahan di Kota Manado mendapat bantuan PNPM dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

‘Sebelumnya hanya tiga Kelurahan, dan tahun 2012 ini sudah memasuki tahun kedua menjadi empat kelurahan. di mana anggaran sebelumnya hanya Rp 70 juta kini telah meningkat menjadi Rp 100 juta. Adanya peningkatan ini hasil lobi Walikota GS Vicky Lumentut, untuk membantu pelaku usaha kecil pariwisata’, terang Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Manado, Dr. Bertje Peter Assa ST M.Sc.

PNPM Pariwisata di kota Manado telah memasuki tahun kedua. Tahun pertama, 2011 hanya tiga Kelurahan yakni Malalayang, Bunaken dan Alumbanua, sedangkan tahun 2012 ini memasuki tahun kedua ketambahan satu Kelurahan yakni Manado Tua.

Lebih lanjut, Kadis Parbud menjelaskan, anggaran PNPM Pariwisata ini akan langsung ditransfer ke rekening kelompok swadaya masyarakat (KSM). ‘Dananya langsung masuk ke rekening masing-masing KSM, sehingga kita hanya melakukan pengawasan karena KSM yang mengelola langsung. Namun KSM harus mempertanggung jawabkan bantuan PNPM ini ke Pemerintah’, jelas doktor lulusan Tokyo Jepang ini.

Lanjutnya lagi, dana tersebut harus sesuai peruntukan seperti usaha suvenir, kuliner, serta usaha pariwisata lainnya. Assa pun berharap upaya lobi Walikota dan Wakil Walikota ke Kementrian Pariwisata akan berlanjut terus agar Manado mendapat bantuan untuk pengembangan pawirisata hingga terjadi peningkatan perekonomian masyarakat.