Kamis, 26 April 2012 – 07:57 WITA Telah dibaca 870 kali

2013, Paduan Suara Terbaik Dunia Bakal Bertanding di SULUT

Foto marianch

Sederet ivent nasional maupun internasional kembali akan digelar di Sulawesi Utara di tahun 2013 nanti. Setelah menjadi tuan rumah pada pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2013 yang jatuh pada tanggal 9 Januari, memasuki bulan Agustus 2013, kurang lebih 2000an penyanyi yang tergabung dalam kelompok-kelompok paduan suara papan atas dunia akan bertanding di Kota Manado dan beberapa kota dan kabupaten sekitar Manado. Pembagian wilayah dimaksudkan untuk menghindari penumpukan massa di kota Manado selain untuk memperkenalkan kota dan kabupaten lain di Sulawesi Utara kepada para peserta.

Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh Inter Culture, Komite Internasional Penyelenggara Choir Competition tingkat Dunia yang bermarkas di Jerman. Salah satu pimpinan organisasi tersebut Thomas Schule hari Selasa (24 April) diterima Gubernur Sulawesi Utara Dr. Sinyo Harry Sarundajang di ruang kerjanya di Kantor Gubernur Sulawesi Utara. Kunjungan Schule ini untuk memastikan kesiapan Sulawesi Utara sebagai Tuan Rumah penyelenggara kegiatan tersebut. Schule mengatakan ada 2 negara lain yakni Korea dan China yang meminta untuk menjadi tuan rumah namun dengan pernyataan kesiapan Gubernur SULUT, Manado ditetapkan sebagai tuan rumah ivent yang direncanakan akan berlangsung Oktober 2013. Gubernur menawarkan ivent ini dimajukan bulan Agustus mengingat biasanya bulan Oktober telah memasuki Musim Penghujan. Schule menyatakan akan menyampaikan usulan tersebut dalam Rapat Organisasi mereka di Jerman. Pada awal pembicaraan Schule sempat memuji kelompok-kelompok paduan suara Sulawesi Utara yang telah banyak berbicara di tingkat internasional dengan menjuarai beberapa Choir Competition tingkat Internasional".SULUT sudah sangat terkenal di komunitas Paduan Suara Internasional oleh karena itu akan sangat baik apabila membawa komunitas paduan suara internasional tersebut untuk datang dan menikmati keindahan Sulawesi Utara secara langsung" demikian Schule.

Gubernur menyambut antusias rencana tersebut dan mengatakan bahwa Pemerintah dan Rakyat Sulawesi Utara memperoleh kepercayaan dan kehormatan besar untuk melaksanakan ivent ini. Kegiatan ini harus sukses dan melalui kegiatan ini geliat pariwisata sebagai salah satu Sektor Unggulan dan merupakan Prime Mover Pembangunan SULUT akan semakin berkembang pesat.

Gubernur yang didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Roy Roring, M.Si dan Kadis Kelautan dan Perinakan SULUT Ir. Joy Korah, M.Si mengatakan bahwa pembicaraan detil mengenai persiapan kegiatan tersebut akan dilakukan secara lebih mendalam antara Tim SULUT dengan Inter Culture agar persiapan kegiatan tersebut dapat dimulai sedini mungkin.