Senin, 18 Juli 2011 – 11:41 WITA Telah dibaca 2238 kali

Marhaban Ya Ramadhan

Makna Puasa, Menahan Emosi dan Meningkatkan Ketabalan Iman dan Amal

Foto ilustrasi.

Marhaban ya ramadhan, selamat datang bulan penuh keagungan bulan di mana Umat Islam melatih kesabaran emosi menhan lapar dan dahaga, melatih jiwa untuk selalu sabar dalam menghadapi cobaan apapun.

Makna kandungan puasa dimana Allah SWT menggembleng setiap anggota tubuh agar selalu menjaga dari perkara yang merusak amalan puasa, termasuk Hati, Mata, telinga, alat kelamin, mulut, kesemuanya ini akan menjadi amalan tersendiri apa bila Individu tersebut mau menjaga dengan baik.

Jutaan umat Islam di penjuru dunia sebentar nanti akan melaksanakan kewajiban dalam Syari’at Islam sesuai dengan Rukun Islam yang ke-3 yakni melaksanakan puasa di bulan Romadhan selama 1 bulan penuh dengan tidak mengesampingkan kegiatan ibadah lainnya.

Ibadah puasa sebagaimana dikerjakan oleh nabi Muhammad SAW pada zaman dahulu bersama pengikutnya, sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an yang artinya, "hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang terdahulu sebelum kamu, agar supaya kamu bertaqwa". Taqwa berkaitan erat dengan penghambaan makhluk kepada sang Pencipta dengan tunduk pada aturan yang berlaku sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Ketagwaan seseorang bukan diukur dari pangkat dan jabatan, harta kekayaan, kecantikan dan ketampanan, melainkan sejauh mana manusia itu mau melaksanakan kewajiaban yang disyariatkan oleh agama Islam.