Senin, 15 Oktober 2012 – 12:30 WITA Telah dibaca 2226 kali

Pemkot Manado Terima Mobil Layanan Internet Kecamatan (MPLIK)

Hari Sabtu, 13–10-2012 Pemerintah Kota Manado menerima bantuan 1 unit Mobil Pusat Layanan Ineternet Kecamatan (MPLIK) dari Kementerian Komunikasi dan Infomatika RI. Acara penyerahan MPLIK dilaksanakan di Bapelkes Malalayang yang di hadiri oleh seluruh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se Provinsi Sulawesi Utara. Masing-masing kabupaten/kota menerima 1 unit MPLIK. Sebelumnya pada hari Jumat-Sabtu / 12–13 Oktober 2012 terlebih dahulu telah dilakukan pelatihan untuk operator,teknisi dan driver MPLIK.

Mobile PLIK (MPLIK) merupakan Pusat Layanan Internet Kecamatan yang bersifat bergerak untuk akses internet yang sehat, aman, cepat dan murah. Fungsi dan tujuannya adalah melayani masyarakat umum yang berada didaerah-daerah kecamatan yang belum terjangkau oleh fasilitas internet. Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan ini di berikan kepada tiap Kota/Kabupaten dengan bertujuan mengatasi kesenjangan digital antara pusat kota dan daerah, terutama kesenjangan dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Untuk Kota Manado MPLIK diterima secara langsung oleh Walikota Manado melalui Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado Tri Zakaria, SE. Pemerintah Kota Manado sangat berterimah kasih kepada Kementerian Kominfo dengan adanya bantuan MPLIK ini, yang nantinya sangat bermanfaat bagi masyarakat amat terlebih untuk anak-anak sekolah yang lokasi/wilayah masih sulit mengakses internet, ujar Tri sapaan akrab Sektretaris Dinas Kominfo Manado.

Lebih lanjut menurut Tri mantan Camat Singkil dan Sario Kota Manado Pemerintah Kota Manado dalam hal ini Dinas Kominfo akan membuat jadwal pelayanan operasi MPLIK ke setiap kecamatan terutama di kompleks sekolah-sekolah. Melalui MPLIK ini pemerintah berharap agar masyarakat khususnya siswa sekolah, akan memiliki pemahaman yang sama soal internet dan menutup sedikit demi sedikit kesenjangan digital antara kecamatan di daerah perkotaan.

Fasilitas MPLIK berguna untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit terakses jaringan telepon atau jaringan internet. dan juga MPLIK ini diberikan agar supaya anak-anak sekolah khususnya dapat menambah ilmu yang tentu saja selama ini mereka hanya dapatkan di sekolahan dan juga buku, tapi sekarang mereka dapat menambah ilmu mereka melalui internet yang murah, demikian disampaikan Sekretaris Dinas Kominfo Manado.

Sementara itu Kadis Perhubungan dan KomInfo Provisi Sulawesi Utara Ir. Parlindungan Tampubolon dalam sambutannya mengharapkan dengan adanya bantuan Mobil Layanan Internet Kecamatan digunakan khususnya bagi masyarakat yang lokasi jaringan internet masih kurang untuk mengakses internet. MPLIK ini selama 4 tahun operasional sampai penggajian operator,teknisi dan driver ditanggung oleh Kementerian Kominfo, ujar Kadis Perhub & Kominfo Provinsi SULUT.

Adapun fasilitas 1 unit MPLIK yang diterima oleh Pemerintah Kota Manado adalah 6 buah laptop, 1 buah server, 1 buah printer, televisi LCD 32", DVD Palyer, Wireless Access Point, Modem HSDPA dan Perangkat VSAT (DiskReflector, Mounting VSAT, Modem VSAT dan Adaptor), dilengkapi juga dengan Sistem Operasi yang open source dan aplikasi billing.