Rabu, 1 Juni 2016 – 18:25 WITA Telah dibaca 1008 kali

Diduga Abaikan Hak Karyawan

SBSI Ancam ‘Duduki’ PT Bank Prisma Dana

PT Bank Prisma Dana dengan salah satu produk. (ist)

SUARAMANADO, MANADO: PT Bank Prisma Dana (BPD) salah satu bank perkreditan rakyat, ditengarai abaikan hak para karyawannya. SBSI ancam duduki jika ultimatumnya tak diindahkan.

Sejumlah karyawan mempertanyakan status ketenagakerjaan mereka yang bekerja di PT Bank Prisma Dana (BPD) di Kota Manado. Mereka menuding, manajemen PT BPD sewenang-wenang terhadap status ketenagakerjaan di bank perkreditan rakyat itu.

"Kami mendapat keluhan sejumlah karyawan, bahwa manajemen Bank Prisma Dana mengabaikan hak-hak karyawannya", ujar Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Propinsi Sulawesi Utara, Rafles Wonua kepada wartawan di Manado, Rabu (1/6/2016.

SBSI SULUT menyorot sikap manajemen PT BPD yang memperlakukan karyawannya sewenang-wenang sehingga merugikan karyawan itu sendiri. "Ini tindakan kriminalisasi terhadap buruh, dan telah mengabaikan hak minoritas", tandas Papes, sapaan akrabnya.

Kabarnya manajemen PT BPD yang bermarkas di kompleks Marina Plasa Manado, seenaknya mengutak-atik jabatan karyawan tanpa assessment jelas terlebih dulu. Mendadak diganti atau diturunkan dari jabatan dengan hanya menerima upah minimum regional.

"Ini aneh, dan kami menduga ada diskriminasi disana. Manajemen harus segera menyikapi ini, karena kalau tidak kami akan turun meminta klarifikasi langsung dengan pimpinannya", tandasnya.

Pihak SBSI mengultimatum, perusahaan segera menyelesaikan masalah karyawannya dengan cara yang sopan, dan tidak memihak siapapun termasuk owner perusahaan. Sayangnya manajemen PT Bank Prisma Dana, hingga berita ini diturunkan belum dapat terkonfirmasi.