Sabtu, 8 Oktober 2016 – 07:01 WITA Telah dibaca 327 kali

Penganugerahan Apresiasi Film Indonesia 2016 Pertama di SULUT.

SUARAMANADO Manado. Olly Dondokambey Gubernur SULUT memberi apresiasi dan terima kasih kepada Mendiknas dimana AFI dilaksanakan di SULUT, diharapkan putra putri SULUT lebih berperan pada menumbuhkan minat seni dan seni peran di tanah air, Ini AFI pertama dilaksanakan di SULUT.

Tambah Olly, Makam Kiyai Modjo di Jaton dan makam Imam Bonjol di Desa Lotta yang sedang dipugar agar mendapat perhatian Mendiknas Dr. Muhajir Efendi karena memiliki nilai sejarah perjuanagan Bangsa Indonesia,

Dr. Muhajir Efendi, MAP Mendikbud RI. menjelaskan bahwa AFI fokus pada nilai Budaya dan kali ini AFI ke 5 di SULUT, pertama di Propinsi Jabar tahun 2012, AFI menjadi salah satu tontonan pilihan pertama dengan 60 juta penonton dalam 30 hari belakangan ini, sehingga mampu menunjukkan supermasi di negara sendiri, sekarang masa panen raya perfilm Indonesia.

Menurut Mendikbud, AFI menjadi bagian tugas Kemendikbud sehingga insan film harus memahami kemana misi pendidikan di bawah, kementrian juga memberi perhatian dan memantau perfilman Indonesia. Terima kasih pada Gubernur yang sunguh-sungguh melaksanakan program kegiatan AFI yang paling menonjol diantara propinsi di Indonesia.

Ketua dewan juri AFI nasional menjelaskan, Dewan juri AFI tidak perlombakan tapi di Apreaiasi terhadap 300 lebih film kemudian diseleksi,penilaian kreatifitas dan kearifan lokal yang paling menarik dan menonjol. Pro kontra terhadap hasil penilaian sebagaui bentuk kreatifitas yang dinamis, penghargaan juga diberikan pada tokoh perfilm dan karya film.(jansen)