Senin, 17 November 2014 – 01:07 WITA Telah dibaca 6295 kali

Tol Laut Sulawesi Utara Terbuka Melalui Majestic Kawanua

Tol Laut Sulawesi Utara Telah Terbuka
SUARAMANADO, Manado. Warga Sulawesi Utara kini memiliki Tol Laut dengan hadirnya kapal cepat Majesty\ic Kawanua yang melayani lalulintas laut antara Kota Manado hingga Kota Tahuna hanya dalam 5 Jam perjalanan.

Dengan dilaunchingnya 2 unit kapal cepat Maajesty Kawanua dan Majestic Kawanua-II oleh Gubernur Propinsi SULUT, Dr. S.H. Sarundajang sebagai tanda terbukanya jalur Tol Laut di Propinsi Sulawesi Utara dari Kota Manado menuju Kabupaten Sitaro hingga Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Seperti yang disampaikan Osman, Direktur Operasi PT. Lintas Putra Nusa Utara, kehadiran kapal cepat Majestic Kawanua, sejalan dengan program pemerintahan Jokowi-JK yang menginginkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Fasilitas Dalam Kapal Majestic Kawanua
Kecepatan yang dimiliki Majestic adalah bentuk jawaban program Presiden untuk membuka Tol Laut hingga dipelosok negeri. Majestic Kawanua yang dirancang bangun oleh PT. Cahaya Samudra Shipyard-Batam Indonesia menghabiskan dana kurang lebih Rp. 35 Miliar per satu kapal, jelas Osman.

Baik Majestic Kawanua dan Majestic Kawanua-II sama persis baik lebar dan panjangnya serta fasilitas yang ada didalamnya. Kedua kapal ini hanya 2 kelas, yaitu Kelas Ekonomi dan Kealas VIP dengan fasilitas yang lebih baik.

Tentang kapan operasional kapal akan dimulai, Osman, menjelaskan tergantung pada kelengkapan perizinan berlayar yang dalam proses di Kementrian Perhubungan di Jakarta.

Para Pemilik Kapal Majestic Kawanua
Lebih cepat selesai perizinannya tentu lebih cepat untuk melayani kebutuhan warga Manado dan Nusa Utara terutama jelang hari besar keagamaan. Rencana trayek yang akan dilayari kapal cepat Majestic Kawanua dari Manado-Biaro - Tagulandang-Makalehi - Siau-Para - Kalama dan Tahuna, demikian sebaliknya dari arah Tahuna. (jansen)