Selasa, 23 Oktober 2012 – 15:35 WITA Telah dibaca 1523 kali

Pemuda Papua Demo Dewan SULUT

Sekelompok pemuda Papua yang tergabung dalam Solidaritas Pelajar, Mahasiswa, Pemuda dan Masyarakat Papua (SPMPMP) di Sulawesi Utara melakukan aksi demo di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Sulawesi Utara di bilangan Koni Sario, Selasa (23/10) menjelang siang. Dalam demo yang berlangsung damai itu terungkap berbagai permintaan masyarakat Papua antara lain menghendaki penghentian kekerasan di tanah Papua. Bahkan, dalam yel-yelnya terungkap hujatan kepada pemerintahan di bawah kepemimpinan SBY saat ini.

Demo yang diawali di halaman Rektorat Universitas Sam Ratulangi itu diikuti ratusan masyarakat Papua yang ada di SULUT. Para pendemo yang mengenakan simbol-simbol Papua tersebut meneriakkan berbagai yel, antara lain "Referendum Yes", "Otonomi No", "Papua Merdeka". Ketika koordinator demo meneriakkan "SBY", para pendemo secara serempak menjawab "kanibal". Koordinator demo, Nenaluck, menjelaskan bahwa itu merupakan ekspresi kekecewaan orang Papua terhadap pemerintahan saat ini.

Selain meneriakkan hujatan terhadap pemerintah, di antara para pendemo terlihat pula ada yang menggunakan simbol-simbol bendera Papua, Bintang Kejora. Selama demo, puluhan polisi terlihat berjaga-jaga di sekitar kantor Dewan. Pendemo diterima oleh Wakil Ketua Dewan, Arthur Kotambunan.

Arthur Kotambunan.