Senin, 2 Juli 2012 – 07:53 WITA Telah dibaca 1391 kali

Mailangkay: Manfaatkan Bank SULUT Sebagai "ayam Bertelur Emas"

Mailangkay dalam sebuah kesempatan.

Legislator SULUT, Dr. J. Victor Mailangkay, SH, MH mengatakan bahwa pemerintah provinsi dan kabupaten kota se Sulawesi Utara untuk memanfaatkan PT Bank SULUT sebagai "ayam yang bertelur emas" perlu segera ditumbuh kembangkan. Mengapa tidak? Semakin sehatnya kondisi PT Bank SULUT saat ini, di mana ROE (Return of Equity)nya telah mencapai 30%, sangat memungkinkan bahwa uang pemerintah daerah yang disetor tahun ini akan mendapatkan deviden pada tahun berikutnya sebesar 30%.

"Ini berarti jika Pemda mampu menyisihkan pada tahun iniuang Rp. 10 M saja, maka tahun berikutnya sudah ada PAD dari deviden PT Bank SULUT sebesar Rp. 3 M untuk Pemda tersebut. Oleh sebab itu, saya menantang pemprov dan pemkab/pemkot agar mampu melihat dan memanfaatkan peluang ini", terang Mailangkay melalui sms yang diterima SUARAMANADO Senin (2/7).

Ditambahkannya, Pemda dapat melihat dan memanfaatkan peluang ini dengan cara jika setiap Pemda dapat menghemat anggaran belanjanya sebesar 5% saja khususnya dari Belanja Modal dan Belanja Barang serta Belanja Perjalanan, maka akan ada dana yang dapat digunakan sebagai modal yang disetor kepada PT Bank SULUT.

"Yang pentingdi sini adanya political will dan political action dari Pemda setempat untuk melakukan penghematan serta memanfaatkan peluang yang ada. Jika tidak, maka peluang tersebut, akan dimanfaatkan oleh pihak lain dan kita-kita hanya menjadi penonton di rumah sendiri, karena tidak dapat memanfaatkan peluang yang diberikan oleh PT Bank SULUT ‘Torang pe Bank’", pungkasnya.