Minggu, 28 Juli 2013 – 15:59 WITA Telah dibaca 1142 kali

KPU Segera Berikan Putusan MK ke DPRD

SUARAMANADO, Kotamobagu-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, berencana akan menyerahkan salinan hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) 2013 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotamobagu Senin (29/07) besok. Salinan hasil tersebut merupakan satu syarat untuk pengajuan pelantikan Tatong Bara dan Jainuddin Damopolii sebagai Walikota dan Wakil Walikota terpilih periode 2013–2018 oleh DPRD Kotamobagu kepada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur Sulawesi Utara (SULUT).

Agung Adati.

"Rencananya, KPU akan meneyrahkan kepada salinan keputusan MK", ujar Sekretaris KPU Kotamobagu Agung Adati. Selain hasil keputusan MK, KPU Kotamobagu juga akan menyerahkan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara dan pleno penetapan wali kota dan wakil wali kota.

Dua hal tersebut pula menjadi syarat dalam pengajuan pengangkatan dan pelantikan kepala daerah terpilih hasil pemilihan umum. "Termasuk hasil pleno penetapan walikota dan wakil terpilih yang akan diserahkan", tutur Agung.

KPU Kotamobagu menetapkan pasangan nomor urut satu, Tatong Bara-Jainuddin Damopolii (TB JaDi), menetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu terpilih periode 2013–2018 pada 28 Juni 2013 lalu. Sesuai dengan hasi l penghitungan pasangan ini meraup 37.677 suara atau 52.81 persen. Adapun masa kepemimpinan Djelantik Mokodompit dan Tatong Bara sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu periode 2008–2013 akan berakhir pada September nanti. Sesuai dengan waktu dilantik pada tanggal 22 September 2008 lalu. (srm)

/eg