Rabu, 10 Juli 2013 – 10:31 WITA Telah dibaca 1084 kali

Kotamobagu Belum Pasti Rekrut CPNS

SUARAMANADO. Kotamobagu-Peluang Perekrutan CPNS di Kotamobagu masih belum pasti.. Pasalnya, usulan yang sudah pernah disampaikan pemkot (pemerintah kota) melalui Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD), hingga kini belum direspon oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), maupun pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Padahal, diakui Drs Hi Nasrun Gilalom selaku Kepala BKDD Kotamobagu, pihaknya sudah memasukkan sejumlah syarat untuk bisa mendapatkan kouta CPNS. Namun nampaknya hal tersebut belum cukup,Pasalnya, pemerintah pusat masih menerapkan ketentuan, daerah yang porsi belanja pegawainya melebihi 50 persen APBD, tidak boleh ikut menambah jumlah PNS-nya. "Itu memang menjadi salah satu kendala yang hingga saat ini masih dicari formulasinya. Tapi yang lebih berhak menjawab instansi terkait dalam hal ini DPKAD", jelas Gilalom.

Meski demikian, jika persyaratan-persyaratan lain terpenuhi dan berdasar hasil kajian Kemenpan-RB dan BKN masih memungkinkan, daerah yang porsi belanja pegawainya di atas 50 persen masih bisa mendapat formasi, tapi sangat terbatas untuk tenaga kesehatan dan pendidikan saja.

Sekadar diketahui, Kemenpan-RB hingga kini belum mengeluarkan keputusan formasi CPNS dari jalur umum tahun 2013. Akan tetapi Kemenpan-RB sudah menetapkan formasi nanti berdasar pertimbangan BKN, dengan mengacu dari usulan daerah. (srm)