Sabtu, 27 April 2013 – 18:58 WITA Telah dibaca 1066 kali

Pilwako Kotamobagu

KPU Soal Pasangan Calon Partai Gabungan: Masalah Ganti Pasangan Ada Pada Kelengkapan Administrasi Pargab

KPU Kota Kotamobagu menegaskan bahwa hingga saat ini, berkas pasangan calon untuk maju ke pemilihan kepala daerah kota nenas tersebut sedang diverifikasi. Hal tersebut ditegaskan Ketua KPU Kota Kotamobagu, Nayodo Kurniawan melalui telepon akhir pekan ini.

"Sedang dalam pemuktahiran data. Yang pasti daftar calon tetap sudah ada empat pasang", ungkap Nayodo. Sementara, menurut Nayodo, pasangan calon lainnya usungan partai gabungan non seat masih terkendala kelengkapan administrasi.

"Setelah KPU melakukan verifikasi, ternyata dari 14 parpol pengusung, ada 6 terindikasi pemalsuan tanda tangan sehingga dihitung tidak memenuhi syarat".

Menurutnya, pihaknya telah meminta kepada gabungan partai pengusung untuk melengkapi dokumen namun hingga saat ini (Jumat sore-red) hal tersebut belum dipenuhi. Setelah KPU meminta untuk melengkapi dokumen, hingga saat ini Pargab tidak memperbaiki, hanya datang untuk meminta mengganti calon.

"Jadi, lihat dulu kronologi. Ngoni penuhi dulu ngoni pe administrasi. Masalah mo baganti atu tidak pasangan calon, ada pada kelengkapan administrasi anda", ujar Nayodo mengutip pernyataannya kepada Pargab.

Nayodo menjelaskan bahwa dari lima pasang calon yang sudah diundang untuk mengikuti tes kesehatan Medical Check All, hanya 4 pasang calon yang telah menjalaninya. Ironisnya, jelas Nayodo, calon walikota usungan partai gabungan, Toan Tongkasi menyatakan menolak mengikuti tes kesehatan.

Sementara itu, di tempat terpisah, calon wakil walikota dari partai gabungan (Pargab) non seat, Lucky Mangkey saat dikonfirmasi menyatakan bahwa dirinya memiliki surat panggilan pemeriksaan tes kesehatan. Namun tidak dapat melakukannya karena tidak bersama dengan pasangan. "Apa guna saya melakukan check kesehatan sendiri", aku Mangkey yang menambahkan bahwa saat ini dia masih menunggu kepastian penggantian pasangan usungan pargab dari Toan Tongkasi ke Rizal Manoppo oleh KPU Kotamobagu.

Sebagaimana diketahui, pada saat pendaftaran bakal calon walikota dan wakil walikota Kotamobagu medio 16 Maret yang lalu, pargab mengajukan Toan Tongkasi dan Lucky Mangkey. Namun di tengah jalan, Pargab mengganti papan satu dengan Rizal Manopo, anggota legislatif DPRD kabupaten Gowa asal Kotamobagu.