Kamis, 3 April 2014 – 14:41 WITA Telah dibaca 1969 kali

Datang ke Jakarta, Bill Gates Bawa Sumbangan Rp 400 Miliar

SUARAMANADO, Jakarta - Orang terkaya dan dermawan dunia Bill Gates bakal datang ke Indonesia Sabtu 5 April 2014 mendatang. Tujuannya mendukung penuh rencana pembentukan Indonesian Health Fund.

Bill Gates
Lumbung bantuan kesehatan ini khusus menampung donasi para pengusaha dan filantropis di Indonesia yang dananya akan disumbangkan ke berbagai kegiatan kemanusiaan.

Untuk itu, dalam kunjungannya nanti Gates mengajak para orang-orang kaya di Indonesia untuk memberikan donasi yang nantinya disalurkan untuk sektor kesehatan.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono menyebutkan, sejauh ini sudah ada 8 pengusaha Indonesia yang rencananya akan bergabung dan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Indonesian Health Fund.

Delapan pengusaha ini masing-masing memberikan sumbangan US$ 5 juta selama 5 tahun perjanjian kerjasama. Sementara Bill Gates melalui Bill & Melinda Gates Foundation membawa sumbangan US$ 40 juta.

"Indonesia US$ 40 juta, Bill Gates US$ 40 juta jadi US$ 80 juta. Lembaga ini non pemerintah tapi tetap menggunakan prinsip-prinsip transparansi karena uang sumbangan. Selaku Menkokesra kami memfasilitasi agar mereka dimudahkan sehingga tidak ada kesulitan dan memperluas cakupannya dan memperbanyak volumenya", ujar Agung saat konferensi pers di Kantor Kemenkokesra, Jakarta, Rabu (2/4/2014).

Di tempat yang sama, Chairman dan CEO Mayapada Group Tahir mengatakan, pendiri Microsoft itu rencananya meninjau sentra kesehatan masyarakat dan bertemu sejumlah orang-orang kaya dermawan Indonesia.

"Kami bersama teman-teman pengusaha mengimbau dan mengetuk hati para donatur lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam misi kemanusiaan ini", kata dia.

Menurut Tahir, bantuan ini akan seluruhnya disalurkan di Indonesia dan terfokus pada 5 problem kesehatan yaitu malaria, TBC, HIV-AIDS, demam berdarah, dan Keluarga Berencana (KB).

Tahun lalu, Tahir Foundation dan Bill & Melinda Gates Foundation sudah bekerjasama dalam mencegah dan menanggulangi penyakit menular. Tahir melalui Global Fund masing-masing telah mendonasikan sebesar US$ 103,5 juta sehingga terkumpul sebanyak US$ 207 juta.