Kamis, 2 November 2017 – 03:38 WITA Telah dibaca 40 kali

Populi Center: Jika Pilpres Dilakukan Sekarang, Jokowi Raih 56,7%, Prabowo 31,9%

Jokowi dan Prabowo

SUARAMANADO, Nasional: Lembaga survei Populi Center merilis hasil survei terbaru mengenai pemilihan Presiden 2019 mendatang. dari hasil survei jika Pilpres dilakukan sekarang ini, Presiden Joko Widodo sebagai petahana unggul jauh atas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Survei dilakukan di 34 Provinsi Indonesia sejak 19 hingga 26 Oktober 2017. dengan jumlah responden 1.200 melalui metode multistage random sampling. Margin of error 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

"Jika diadu melawan Jokowi, Prabowo hanya memperoleh 31,9 persen suara. Sementara, Jokowi mendominasi dengan 56,7 persen", kata peneliti Populi Center Nona Evita, di kantornya Jalan Letjen Suprapto Parman, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (2/11).

Menurut Nona, mayoritas pemilih Jokowi didominasi suku Jawa. Sementara pemilih Prabowo didominasi suku Batak dan Minang.

Nona melanjutkan, Jokowi juga mendominasi di tatanan suku Melayu dengan 51,4 persen. Sementara itu, Prabowo hanya mendapat dukungan 9,7 persen di kalangan suku ini.

"Jokowi juga jauh unggul di tatanan pemilih suku Sunda dengan 59,8 persen dan Prabowo hanya 30,2 persen", ujarnya.

Sementara itu, Direktur Populi Center Usep S Ahyar, suara Jokowi yang mendominasi di sejumlah tatana‎n suku lantaran pembangunan yang dilakukannya cenderung merata.

"Hal ini terbukti dengan paling banyak masyarakat Indonesia yang setuju dengan pola pembangunannya seperti tol lintas Sumatera, pembangunan rel kereta di Sulawesi, dan pembangunan trans Papua‎", kata Asep.