Senin, 30 Oktober 2017 – 08:41 WITA Telah dibaca 32 kali

Washington Bersiap Dengar Dakwaan Pertama Kasus Campur Tangan Rusia

SUARAMANADO, Internasional: Washington bersiap-siap untuk mendengarkan kemungkinan pengungkapan tuduhan pidana pertama terkait campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden Amerika tahun 2016, Senin (30/10) sementara Presiden Donald Trump menyatakan lagi sikapnya bahwa penyelidikan yang sedang berlangsung "tuduhan mengada-ada".

Dewan juri federal hari Jumat menyetujui tuduhan dalam penyelidikan yang dipimpin oleh penyelidik khusus Robert Mueller, menurut beberapa media utama yang melaporkan bahwa dakwaan mungkin akan diumumkan paling cepat hari Senin.

Tidak ada indikasi mengenai siapa yang akan dikenakan dakwaan atau apa kejahatan yang dituduhkan. Para pakar hukum mengatakan tuduhan pertama mungkin dikenakan terhadap orang yang kurang penting dalam kasus itu, dan jaksa menggunakan strategi yang biasa dengan lebih dahulu memulai tuduhan terhadap pejabat tingkat rendah sebelum memusatkan perhatian pada orang-orang yang lebih tinggi.

Masyarakat intelijen Amerika menyimpulkan awal tahun 2017 bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin secara langsung mengarahkan usaha merongrong demokrasi Amerika dan membantu Trump menang.