Kamis, 20 April 2017 – 15:46 WITA Telah dibaca 245 kali

Wapres AS Umumkan Presiden Trump Akan Hadiri KTT Asia

SUARAMANADO.COM Jakarta - Wakil Presiden Amerika Mike Pence, Kamis (20/4) mengumumkan di Jakarta bahwa Presiden Donald Trump akan menghadiri tiga KTT di Asia pada bulan November.

Pence, yang sedang dalam persinggahan terakhir dalam lawatan 10 harinya di Asia, mengatakan, Trump berencana menghadiri KTT AS-ASEAN dan KTT Asia Timur di Filipina serta KTT APEC di Vietnam.

Setelah bertemu dengan Sekjen ASEAN, Pence mengatakan pemerintahan Trump akan bekerja sama dengan ASEAN untuk "mendorong perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan" untuk memastikan "arus perdagangan tanpa rintangan" di kawasan itu.

Negara-negara Asia Tenggara menginginkan kesepakatan jangka panjang untuk menyelesaikan sengketa di Laut China Selatan. Kawasan ini menghadapi tantangan-tantangan baru karena China bertindak untuk meluaskan pengaruhnya di kawasan pada waktu kebijakan Amerika mengenai Asia sekarang ini terfokus pada meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea.

Pence memuji Indonesia atas apa yang ia sebut sebagai tradisi Islam moderat negara ini sewaktu ia bertemu dengan Presiden Joko Widodo.