Senin, 17 April 2017 – 07:13 WITA Telah dibaca 192 kali

Penasihat Keamanan Nasional AS Berada di Pakistan

SUARAMANADO.COM Islamabad - Penasihat Keamanan Nasional Amerika, H.R. McMaster, berada di Pakistan untuk mengadakan pembicaraan dengan pejabat sipil dan militer terkait masalah keamanan bilateral dan usaha untuk menstabilkan negara tetangganya, Afghanistan.

McMaster tiba di Islamabad hari Senin (17/4), sehari setelah mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Afghanistan di Kabul guna meninjau kembali dan memeriksa keadaan terutama misi kontra-pemberontak dan kontra-terorisme militer Amerika.

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama McMaster ke kawasan itu sejak menjadi penasihat keamanan nasional pemerintahan Presiden Amerika Donald Trump dan diadakan setelah seruan para komandan militer Amerika untuk penambahan ribuan lagi tentara, untuk membantu 4.800 tentara Amerika yang sudah berada di Afghanistan guna membantu menerobos kesulitan dalam pertempuran melawan Taliban.

Berbicara kepada stasiun televisi setempat Afghanistan setelah menyelesaikan pertemuan-pertemuan di Kabul, McMaster menahan komentar mengenai apakah strategi baru pemerintahan Trump yang sedang dibuat akan mencakup peningkatan kekuatan pasukan Amerika di Afghanistan.

Ia juga mempunyai pesan kepada para pemimpin Pakistan dimana para pejabat Afghanistan menuduh pemberontak Taliban telah membuat tempat-tempat persembunyian dan melakukan serangan di dalam Afghanistan dengan bantuan badan intelijen negara tetangganya itu.