Rabu, 2 November 2011 – 12:53 WITA Telah dibaca 1003 kali

Lumentut Promosikan Manado di Korsel

Walikota Manado, GSV Lumentut.

Ikut serta dalam Forum Konsolidasi Pimpinan Daerah pada sesi Studi Lapangan tidak menyurutkan semangat Walikota Manado GS Vicky Lumentut mempromosikan Kota Manado. Kunjungan Ketua Panitia Malam Persaudaraan menjelang Orientasi / Studi Lapangan bersama rekan-rekan sependidikannya di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) ketika berada di Korsel, tak disia-sia-kannya untuk ikut mempromosikan Manado.

Selain mengunjungi Kota Seoul, ibukota Korsel, GSVL dan rombongan juga melakukan studi di Desa Yongpyong—desa di pinggiran Seoul yang hanya berpenduduk kurang dari 200 jiwa, untuk melihat dari dekat cara pengolahan tanaman secara alami.

"Kami di sana terpukau dengan cara petani desa setempat yang mengelola tanaman mereka. Meski penduduk mereka kurang dari 200 ji-wa, namun mereka mampu mengolah lahan kota seluas 45 hektar dengan berbagai buah-buahan organik. Jadi baik buah pear, strawberry, sayur, dan padi mereka olah tanpa menggunakan pupuk kimia tetapi hasilnya luar biasa", ujar pria yang akrab dikenal dengan sebutan GSVL, kepada salah satu harian lokal di Manado awal pekan kemarin.

Selain itu, peserta Lemhanas angkatan V ini juga me-ngikuti presentasi tentang eco-friendly nanotechnology di Seoul. Diketahui, kun-jungan GSVL Cs di Korsel sebagai bagian dari studi banding penutupan Forum Konsolidasi Pimpinan Daerah Angkatan V Lemhanas.