Senin, 17 November 2014 – 04:20 WITA Telah dibaca 517 kali

Intip Cantiknya Shah Jahan Mosque, Masjid Tertua di Inggris

SUARAMANADO, Internasional: Saat ini, Inggris memang dikenal dengan populasi muslim yang cukup tinggi, sehingga sangat umum bagi wisatawan menemukan masjid di Inggris. Shah Jahan Mosque menjadi satu dari banyak masjid yang populer di Inggris.

Shah Jahan Mosque memiliki rupa yang sangat cantik. Bahkan, arsitektur masjid yang digambarkan bergaya India Mughal ini, tak kalah cantik dengan Brighton Royal Pavilion yang juga memiliki gaya arsitek oriental. Masjid yang terletak di Working, Surrey ini, rupanya merupakan masjid tertua yang pernah dibangun di Inggris.

Sejarah pembangunan Shah Jahan Mosque rupanya juga sangat unik. Gottlieb Wilhelm Leitner membangun Shah Jahan Mosque pada 1889. Ternyata, Gottlieb sendiri merupakan seorang Hungaria Yahudi.

Gottlieb merupakan seorang ilmuwan yang memang tertarik dengan kehidupan di dunia Timur. Bahkan, Gottlieb yang menguasai 25 bahasa termasuk Bahasa Arab, sering berkeliling di dunia Islam untuk menambah pengetahuannya.

Untuk bisa mempelajari budaya Timur termasuk Islam, Gottlieb mengganti namanya menjadi Abdur Rasheed Sayyah. Saat kembali ke Inggris, Gottlieb mendirikan Oriental Institut, sebuah institut yang khusus mempelajari budaya Timur, termasuk Islam. Pada saat itu, Gottlieb mengungkap keinginannya membangun gereja, kuil Hindu dan sinagog. Namun akhirnya, Gottlieb justru membangun sebuah masjid.

Sayangnya, saat Gottlieb meninggal pada 1899, Oriental Institut ditutup dan nasib Shah Jahan Mosque menjadi terbengkalai. Hingga pada 1913, Khwaja Kamal-ud-Din yang merupakan seorang pengacara kaya raya asal Lahore, menyelamatkan Shah Jahan Mosque.

Kini, Shah Jahan Mosque terdaftar sebagai bangunan cagar budaya dan tujuan wisata di Inggris. Hebatnya lagi, pada Juli 1968, masjid ini pernah dikunjungi oleh Sheikh Khalid bin Mohammed Al Qasimi, penguasa Sharjah.