Selasa, 14 November 2017 – 08:41 WITA Telah dibaca 10 kali

Hebat, Proyek Balon Google Berhasil Sambungkan Internet Pasca Badai Puerto Riko

Balon internet Google di Puerto Riko

SUARAMANADO, Internasional: Sudah dua bulan berlalu sejak Badai Maria meluluh lantakkan Puerto Riko. Meski demikian, Pulau yang merupakan negara bagian AS tersebut masih di tengah jalan yang panjang menuju pemulihan.

Berdasarkan laporan yang dikutip Mashable, hampir 100 persen warga sudah mendapatkan akses air bersih. Namun hanya 25 persen saja yang sudah mendapatkan layanan telekomunikasi.

Pada Oktober lalu, Alfabet, perusahaan induk Google, berusaha membantu mengembalikan jaringan telekomunikasi di sana melalui Project Loon, dan sudah disetujui oleh FCC yang merupakan kemenkominfo AS.

Setelah beberapa minggu terbang, juru bicara Project Loon mengklaim bahwa proyek tersebut mampu membawa konektivitas internet ke lebih dari 100.000 orang di Puerto Riko.

Proyek ini menggandeng raksasa provider AS yakni AT&T dan T-Mobile untuk usaha mengembalikan telko di Puerto Riko. Balon Internet Google ini akhirnya terbang di ketinggian hampir 20 ribu meter untuk menyebarkan jaringan LTE di bawah, yang dikelola AT&T dan T-Mobile.

Hal ini tentu merupakan prestasi baru dan standar tinggi bagi para provider untuk pemulihan telko pasca bencana