Selasa, 15 Agustus 2017 – 21:45 WITA Telah dibaca 84 kali

Upaya Asus Menyaingi Apple

Peluncuran Produk ASUS

SUARAMANADO, Internasional: Perangkat Apple kerap menjadi bahan pembanding produk baru yang dibesut vendor teknologi, tak terkecuali Asus.

Saat merilis enam notebook barunya di Indonesia, mereka sempat menyandingkan beberapa perangkatnya dengan MacBook dan MacBook Air. Tidak saja soal desain, tapi juga performa.

Kenapa Asus membandingkan notebook barunya dengan punya Apple? Padahal sejumlah vendor komputer lain membesut perangkat dengan spesifikasi yang sama.

Rupanya, vendor asal Taiwan itu menganggap Apple adalah kompetitor utamanya di pasar premium. Karena itu sejumlah perangkatnya dibandingkan dengan MacBook.

"Mereka merupakan perusahaan besar yang punya perangkat bagus. Itulah kenapa kami bersaing dengan mereka di pasar high end", kata Benjamin Yeh, Regional Diretur Asus Asia Pacific, usai acara peluncuran, Selasa (16/8/2016).

Untuk itu, Asus memboyong enam notebook baru sekaligus guna menggempur pasar premium di Tanah Air. Agar dapat bersaing dengan Apple, sejumlah notebooknya dibuat lebih tipis dengan bobot yang jauh lebih ringan.

"Kami hanya ingin bersaing dengan yang terbaik di pasar. Karena itu kami berusaha jadi yang tertipis (di dunia). Itulah kenapa tadi kami membandingkan langsung dengan MacBook Air. Untuk beratnya juga kami berani diadu", kata Veronica Erwin, Notebook Product Manager Asus Indonesia di tempat yang sama.

Untuk diketahui, berdasarkan data IDC, sepanjang kuartal keempat 2016 Asus berhasil menguasai 51,6% pasar notebook consumer di Indonesia. Mereka berharap tahun ini pangsa pasar bisa meningkat.

Upaya yang dilakukan antara lain dengan menghadirkan notebook di beragam kelas. Khusus di kelas premium sendiri, seperti sudah disinggung sebelumnya, ada enam notebook baru yang disodorkan. Rentang harganya mulai dari Rp 9,8 juta hingga Rp 50 juta.

Mereka pun melakukan beragam kampanye marketing. Salah satunya menggandeng sejumlah public figure, seperti Raditya Dika, Chandra Liaw, Sandra Dewi dan lain-lain.