Rabu, 12 Juli 2017 – 20:25 WITA Telah dibaca 70 kali

Pemerintah Rusia Berang Kaspersky Didepak AS

Markas Kaspersky di Rusia

SUARAMANADO, Internasional: Vendor antivirus Kaspersky harus menelan pil pahit lantaran dicekal pemerintah Amerika Serikat. Pemerintah Rusia pun berang karenanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintahan Donald Trump menghapus nama Kaspersky Lab dari daftar vendor untuk pembelian perangkat teknologi yang akan digunakan oleh instansi pemerintahan. Alasannya dikhawatirkan produk keamanan Kapersky jadi jalur yang digunakan Kremlin untuk masuk ke jaringan di AS.

Itu menjadi tindakan konkrit dari kecurigaan badan intelijen dan parlemen AS yang muncul sejak beberapa bulan lalu. Mereka meyakini perusahaan antivirus yang bermarkas di Moskow itu berhubungan erat dengan intelijen Rusia yang berada di balik serangan cyber ke AS.

Pihak Rusia langsung naik pitam. Mereka membantah punya hubungan dengan Kaspersky, apalagi melakukan serangan cyber bersama mereka.

"Kami tentu yakin bahwa ini adalah keputusan politis", sebut juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov yang dikutip SUARAMANADO dari detikINET.


"Kaspersky benar-benar adalah perusahaan komersial yang menyediakan layanan komersial yang tidak hanya kompetitif tapi sangat kompetitif secara global", imbuh dia.

Pihak Kaspersky sendiri telah menanggapi kabar dilarangnya mereka di AS "Kaspersky Lab tidak memiliki hubungan dengan pemerintah, dan perusahaan tidak pernah membantu, tidak akan membantu, setiap pemerintah di dunia dengan upaya spionase cyber", kata pihak Kaspersky.

"Kami telah terperangkap di tengah pertarungan geopolitik di mana masing-masing pihak mencoba menggunakan perusahaan sebagai pion dalam permainan politik mereka", imbuh mereka.