Selasa, 28 Februari 2012 – 14:10 WITA Telah dibaca 1318 kali

Sarundajang-Mokodongan Satu Hati di Gereja Nazaret Lolak

Suasana kekeluargaan dan penuh keakraban jelas terlihat dalam acara pembukaan sidang Sinode Tahunan Gereja Masehi Injili di Bolaang Mongondow (GMIBM) ke-42 tahun 2012 se Bolaang Mongondow Raya (Bolaang Mongondow, Kota Kotamobagu, Bolmong Utara, Bolmong Selatan dan Bolmong Timur) di Gedung Jemaat GMIBM Nazaret Lolak, Kecamatan Lolak, Senin (27/2).

Acara keagamaan tersebut dihadiri Bupati Bolmong Hi Salihi B Mokodongan, Gubernur SULUT Dr Sinyo Harry Sarundajang, Kapolda SULUT Brigjen Pol Drs Dicky Atotoy diwakili Kabid Humas Pdt AKBP Denny Adare STh, Ketua Sinode GMIBM Pdt Christin N Raintama-Pangulimang, Bendahara GMIBM Pdt Suryono Wijoyo, utusan Badan Pekerja Sinode GMIM Pdt Roy Tamaweol STh, Direktur Eksekutif Am Gereja Suluttenggo Pdt Dicky Lolowang STh, Direktur Institut Laimena Jakarta Matrius Ho, Kapolres Bolmong AKBP Enggar Broto Seno SIK diwakili AKP Dadang Suhendra, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Mudjiharto diwakili Kepala Staf Kodim 1303 Bolmong Mayor Inf Arins Singing, dan Camat Lolak Ny Hj Farida Mooduto Spd.

Menurut Bupati Bolmong Hi Salihi B Mokodongan, keberadaan Gereja Masehi Injili Bolaang Mongondow tidak lepas dari kasih setia Tuhan dalam rangka mewujudnyatakan kehendak-Nya itu. GMIBM juga terpanggil untuk melaksanakan secara terstruktur dan sistematis melalui pokok-pokok tugas panggilan yang mulai diberlakukan sejak 1987. Selain itu juga, dalam pelaksanaan tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pemberdayaan kemasyarakatan, pada era otonomi saat ini, memerlukan dukungan dari seluruh gereja GMIBM. '‘Untuk itu, hendaknya gereja tampil dengan penuh kearifan, dalam memainkan perannya selaku mitra kerja pemerintah’,' kata Mokodongan di sela-sela sambutan acara tersebut.

Ia percaya, bahwa usaha untuk membangun, termasuk dalam bidang keagamaan, akan memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan jemaat, dan masyarakat disekitarnya, apabila dalam konteks ini, tugas-tugas pelayanan gereja dalam semua tingkatannya, senantiasa berfungsi sebagai pelita, pembawa damai, cinta kasih dan persaudaraan. dengan demikian, maka gereja akan menjadi salah satu penyaring terhadap pengaruh-pengaruh negatif yang dapat memprovokasi masyarakat untuk melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan budaya Bolaang Mongondow. '‘Kita jangan sampai terprovokasi’,' pesannya.

Dia juga menghimbau, agar seluruh warga jemaat untuk dapat menumbuhkembangkan terus, kehidupan yang demokratis, melalui musyawarah untuk mufakat, dengan mengedepankan kepentingan umum, diatas kepentingan pribadi, atau golongan. Rapatkan barisan dan tetap waspada, jangan beri peluang sekecil apapun kepada pihak-pihak, yang sengaja mengadu domba, memutar-balikkan fakta, menyebar isu-isu, yang hanya bertujuan memecah belah persaudaraan, dan kekeluargaan yang telah terbina baik selama ini. '‘Mari tingkatkan terus keuletan, dalam membangun hidup rukun dan damai, serta tumbuhkembangkan cinta kasih persaudaraan di dalam keluarga, gereja dan masyarakat’,' ajaknya.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Dr SH Sarundajang selain hadir sebagai tamu istimewa sekaligus juga didaulat untuk membawakan materi pada kegiatan bertajuk pemanasan global. Apalagi kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari dan berakhir Sabtu (3/3) lusa.

Singkat kata, SHS menyampaikan beberapa pemikiran untuk Bolmong ke depan. Diantaranya, sektor pendidikan dan keagamaan, perikanan dan kelautan, serta sektor perhubungan. Bahkan, Sarundajang, mengungkapkan soal tiga kecerdasan, dimana kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan spriritual.

Dia juga mengungkapkan tentang pemanasan global, dimana warga harus kooperatif dan bersama-sama melakukan penghijauan atau penanaman pohon. Apalagi, SULUT sebagai pintu gerbang kawasan Asia Pasific/Geo Strategis. '‘ke depan nantinya pelabuhan Labuan Uki sebagai pelabuhan penyangga pelabuhan Bitung’,' kata SHS, sembari mengungkapkan nantinya juga Lolak akan dibangun bandar udara.

Demikian Pemberitaan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.