Sabtu, 16 Februari 2013 – 22:24 WITA Telah dibaca 3174 kali

Berkas Sudah Lengkap

Pembentukan Provinsi Bolmong Raya Segera Diproses

SUARAMANADO, Bolmong: Berkas syarat administrasi pemekaran Provinsi Bolaang Mongondow Raya (BMR) lengkap. "Kami merampungkan semua berkas yang disyaratkan oleh Peraturan Pemerintah (PP) 78/2007", kata Ketua Umum Panitia Pembentukan Provinsi Bolaang Mongondow Raya Abdullah Mokoginta, di Manado, Sabtu.

Mokoginta menyebutkan, syarat administrasi yang diminta Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara antara lain syarat teknis dan kewilayahan provinsi Bolaang Mongondow Raya.

Koordinator Divisi Sosialisasi dan Penggalangan Masa Panitia Pembentukan Provinsi Bolaang Mongondow Raya Chandra Modeong mengatakan syarat teknis dan syarat fisik tersebut disampaikan melalui surat resmi Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang.

"Surat tersebut bernomor 125/132/Sekr.Ro.Pemhumas, tertanggal 23 Januari 2013", kata Modeong. Ia mengatakan surat Pemprov tersebut adalah tanggapan atas permintaan panitia pembentukan provinsi Bolaang Mongondow Raya.

Menurut Modeong surat pemprov SULUT tersebut pada dasarnya menjelaskan sikap pemerintah yang setuju dengan pembentukan provinsi baru di wilayah SULUT. Modeong mengatakan Gubernur SULUT Sarundajang minta agar panitia menjelaskan pada masyarakat bahkan pemerintah sama sekali tidak menolak atau menghalang-halangi pembentukan Bolaang Mongondor Raya.

Ia menambahkan akan segera menyerahkan berkas tersebut lalu panitia pembentukan provinsi Bolaang Mongondow Raya akan melakukan faktualisasi dan kajian terhadap kesiapan P-BMR sebagai daerah otonom baru.

"Kami juga akan menunjuk personil untuk mendampingi proses di tingkat provinsi",kata Modeong. Lalu Gubernur SULUT dan Bupati/Wali Kota dari lima kabupaten dan kota di wilayah Bolaang Mongondow akan mengantarkan berkas P-BMR ke Depdagri dan DPR RI.