Selasa, 20 November 2012 – 18:46 WITA Telah dibaca 1741 kali

Provinsi Bolaang Mongondow Menanti Pemimpin Baru

Pemuda Tidak Persoalkan Umur Pemimpin " Provinsi Bolmong "

Arfan Mokodongan

Suramanado, Manado. Keinginan masyarakat Bolaang Mongondow untuk menjadikan daerahnya sebagai Provinsi yang baru di Negara Kesatuan Rupublik Indonesia, mendapat dukungan penuh dari generasi muda asal Bolmong. Sebagai mana yang diutrakan Sekertaris DPD KNPI Provinsi Sulawesi Utara, Affan Mokodongan, pemuda asal Bolmong.

Kepada Suara Manado, Affa menyatakan, sangat mendukung keinginan masyarakat Bolmong untuk menjadi Provinsi sendiri terpisah dari Sulawesi Utara. Hal tersebut sah-sah saja sebagai suatu aspirasi murni dari orang Bolmong.

Saat ditanya tentang criteria seperti apa pemimpin Provinsi Bolaang Mongondow kedepan, dari sudut pandagang pemuda. Menurut, Affan, ada sejumlah Kriteria yang harus dimiliki calon Pemimpin di tanah Totabuan.

Yang pasti dan terutama, calon pemimpin Provinsi Bolaang Mongondow kedepan, adalah orang yang memberi apresiasi, atas keinginan dan kerinduan masyarakat untuk mewujudkan Provinsi Baru di tanah Totabuan.

Selain itu, harus memiliki latar belakang pemimpin dan mempunyai karakter sebagai pemimpin. Tidak melihat dari segi usianya, tetapi pengalaman dalam memimpin, baik dibidang politik maupun sebagai birokrat, yang telah teruji kepemimpinannya selama dipercayakan oleh Negara.

Persyaratan lainnya adalah; Memiliki pengalaman dalam pemerintahan, punya prestasi dalam menjalankan roda pemerintahan. Sikap atau berperilaku mengayomi kepada masyarakat dan bawahan yang dipimpinnya, merupakan ciri khas yang mutlak ditampilkan sang pemimpin atau telah mendapat pengakuan dari masyarakatnya sendiri.

Menyinggung salah satu tokoh Bolaang Mongondow yang memiliki karir gemilang sebagai birokrat, saat ini menduduki jabatan strategis di Provinsi Sulawesi Utara sebagai Sekertaris Provinsi, yaitu, Ir. Siswa Rachat Mokodongan. Menurut, Affan, jika masyarakat menilai layak untuk memimpin Provinsi Bolaang Mongondow kedepan, hal tersebut sah-sah saja. Yang terpenting siapapun dia yang memenuhi kriteria dari jiwa, semangat dan keinginan orang muda Bolmong pasti didukung. (Jansen)