Selasa, 27 Maret 2012 – 11:03 WITA Telah dibaca 1268 kali

Eksekutif-Legislatif Kompak di HUT Kabupaten

Rapat paripurna istimewa DPRD Bolmong dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Kabupaten Bolmong di Gedung DPRD Paloko Kinalang, Sabtu (24/3) akhir pekan lalu, berlangsung dalam suasana kebersamaan dan kekeluargaan.

Eksekutif dan legislatif pun terlihat kompak manakala saat sidang berlangsung. Apalagi, HUT kali ini perdana buat pasangan Bersatu itu (Hi Salihi B Mokodongan-Yanny Ronny Tuuk STh). '‘Peringatan HUT, adalah hasil nyata dari pengorbanan tanpa pamrih para pendahulu kita, walaupun kini mereka telah tiada, tetapi semangat mereka tetap hidup di hati sanubari kita untuk selamanya. Jasa pengorbanan mereka tidak pernah pudar. Namun justru semakin menyinari kehidupan daerah ini’,' ujar Bupati Bolmong Hi Salihi B Mokodongan dalam sambutan pada Rapat Paripurna itu.

Menurutnya, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan sekarang dan kedepan. Sebuah tantangan yang tidak ringan, tetapi ke depan bisa melaksanakan. Oleh karena itu, mengajak segenap komponen daerah, untuk bersama-sama mengatasi dan menuntaskan bersama-sama pekerjaan rumah ini. Dirinya juga mengajak, untuk tetap menjaga persatuan dan harmoni sosial yang kokoh. '‘Kita bertekad untuk membangun daerah yang bersatu, adil dan makmur dalam suatu tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan yang harmonis, kemajemukan atau kebhinekaan’,' katanya.

Dia juga mengimbau, pertumbuhan ekonomi mesti terus ditingkatkan. Pembangunan ekonomi yang produktif juga, hasil-hasilnya harus dialirkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memajukan taraf hidup masyarakat. Apalagi sasarannya, berkurangnya angka kemiskinan, menurunnya penagguran, dan makin berkualitasnya layanan funsgi-fungsi kesejkahteraan, utamanya pendidikan dan kesehatan. '‘Ini juga sebagai ajakan menata tata kelola pemerintahan yang baik (good governance)',' ujarnya.

Di tempat terpisah, Gubernur SULUT Dr SH Sarundajang melalui Kaban Kesbangpol dan Linmas Hi Gun Lapadengan SH dalam sambutan mengatakan, melihat perkembangan serta bentangan sejarah yang senantiasa terukir di Bumi Totabuan, maka semua pasti berpandangan sama, bahwa wajah Kabupaten Bolmong saat ini, semakin indah, semakin menarik dan semakin menunjukkan peningkatan dan kemajuan.

Selanjutnya, di era otonomisasi saat ini, pemda sebagai sub sistem pemerintahan nasional, dituntut untuk meninggalkan paradigma lama birokrasi yang kurang efektif, kurang efisien menjawab tuntutan rakyat dan kebutuhan global sebagai dampak dari panjangnya hirarki, adanya benturan dan perbedaan persepsi, tumpang tindih kepentingan, ego sektoral, serta berbagai patologi lainnya. '‘Menghadapi semua ini, maka kata kuncinya adalah perubahan!. Saya katakan demikian, karena di era global saat ini perubahan sangat dibutuhkan untuk maju, berkembang dan untuk tampil terdepan dalam semua lini’,' ungkapnya.

Menurut Lapadengan, SHS percaya, kolaborasi saling menopang antara pemerintah, stakeholders pembangunan, serta elemen rakyat, dibawah kepemimpinan saudara H Salihi B Mokodongan dan Yanny R Tuuk, maka daerah ini akan semakin kokoh berdiri di atas daya saing produktif, melalui optimalisasi potensi daerah, optimalisasi ekonomi lokal, sumber daya alam berkelanjutan. '‘dan ini yang terbingkai di dalam prinsip-prinsip good and clean governance (pemerintahan yang baik dan bersih, red)',' kuncinya.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPRD Bolmong Hi Abdul Kadir Mangkat SE menegaskan, peringatan HUT bukan hanya sekedar seremoni, tetapi momentum yang tepat untuk mengoreksi apa yang sudah dilaksanakan selama ini, apakah kebijakan bermanfaat untuk masyarakat, dan apakah program dan kegiatan yang sudah disusun meningkatkan derajat kehidupan masyarakat, atau justru sebaliknya. '‘Menapaki usia yang ke-58 ini, dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, di bawa kepemimpinan Bersatu (Bupati Salihi B Mokodongan dan Wakil Bupati Yanny R Tuuk STh, red) telah mengalami kemajuan diberbagai bidang. Walau masih ada pekerjaan rumah yang belum terselesaikan’,' ungkapnya.

Ia menambahkan, berkenaan dengan HUT ini, mari dijadikan saat untuk mempersatukan semua yang dimiliki, demi sebuah negeri Totabuan ini, inilah saatnya pula untuk merubah pola pikir dari yang berpikir negatif menjadi lebih positif, dari yang pesimistis menjadi optimis dan dari yang gamang menjadi lebih percaya diri. '‘Marilah kita jadikan HUT kali ini untuk mendorong semangat kita mewujudkan Bolmong yang berbudaya, berdaya saing dan sejahtera’,' ajaknya.

Kegiatan tersebut dihadiri Dandrem 131 Santiago Kolonel Infantri Almost B Maliogha, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Mudjiharto, Kapolres Bolmong AKBP Enggar Broto Seno SIK, mewakili Kajari, mewakili KPN Kotamobagu, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk STh, Ketua DPRD Bolmut Karel Bangko, Ketua DPRD Boltim Ny Hj Sumardiah Mokodompit-Modeong, Ketua DPRD Bolsel Abdul R Bunsal, Sekda Bolmut Recky Posumah, Sekda Bolsel Hi Gunawan Lombu, Wakil Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, anggota DPRD se Bolmong Raya, mantan Wakil Bupati Bolmong Drs Hi Sehan Mokoapa Mokoagow, Sekda Bolmong Drs Hi Farid Asimin MAP, Asisten I Bolmong Drs Cristoffel T Kamasaan, Asisten II Bolmong Drs Djek Damopolii, tokoh masyarakat se Bolmong Raya, dan sejumlah pimpinan SKPD Bolmong.