Selasa, 6 Maret 2012 – 05:38 WITA Telah dibaca 1054 kali

Bupati Inginkan HUT Bolmong Meriah

Foto: kantor Bupati Bolmong di Lolak.

MESKI puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) ke-58 bersamaan dengan perayaan Hari Raya Nyepi, tetapi tidak menyurutkan hati panpel untuk mensukseskan seluruh agenda tahunan tersebut.

Buktinya, Senin (5/3) kemarin, Bupati Bolmong Hi Salihi B Mokodongan langsung memimpin rapat persiapan pelaksanakan HUT Kabupaten. Rapat yang dipusatkan di ruang keasistenan III Kantor Bupati tersebut, cukup banyak yang dibicarakan. Diantaranya, lokasi paripurna dan waktu pelaksanaan kegiatan. Apalagi 23 Maret mendatang merupakan puncak prosesi penyepian bagi umat Hindu.

Dalam rapat tersebut ada yang menginginkan digelar Sabtu (24/3), ada juga mengusulkan digelar Senin atau Selasa (26–27/3). Namun, belum ada kata sepakat karena persoalan ini masih dikoordinasikan dengan pimpinan DPRD. Apalagi kegiatan ini bersamaan dengan sidang paripurna DPRD dalam rangka HUT Kabupaten. '‘Saya berharap seluruh pimpinan SKPD untuk dapat mensukseskan acara ini (HUT ke-58 Kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2012, red), sukses tidaknya acara ini tergantung kita semua, '' kata Mokodongan.

Kegiatan ini, lanjut Salihi, merupakan pertama dilaksanakan di Kota Lolak dan pertama juga untuk pasangan Bersatu (bersama Bupati Hi Salihi B Mokodongan dan Wabup Pdm Yanny Ronni Tuuk STh, red). Namun, tidak membuat pasangan Bersatu bangga. '‘Kita harus serius dalam pelaksanaan kegiatan HUT. Apalagi ini tanggung jawab kita semua’,' kuncinya.

Di tempat terpisah, Sekda Bolmong Drs Hi Farid Asimin MAP mengatakan, untuk menentukan waktu dan lokasi pelaksanaan kegiatan (sidang paripurna) masih melakukan koordinasi dengan DPRD. Apalagi nantinya Bolmong akan kedatangan tamu provinsi dan kabupaten/kota, serta tokmas Bolmong yang ada di luar daerah. '‘Kegiatan ultah sedang dimatangkan, bahkan akan ada parade budaya etnis-etnis yang mendiami tanah leluhur Bolaang Mongondow dan masih banyak lagi’,' kata Farid, didampingi Ketua Panpel Ir Dadang Nugroho dan Wakil Ketua Ferry Daanan.

Juru bicara Pemkab Bolmong Ny Hj Sitti Rafiqah Bora SE membenarkan rapat pematangan tersebut. Menurut Rafiqah, nantinya seluruh rangkaian kegiatan HUT akan dipusatkan di halaman Kantor Bupati. Bahkan pada Jumat (9/3) lusa akan digelar jalan sehat sekaligus pertanda awal kegiatan ulang tahun.

'‘Pak bupati (Bupati Hi Salihi B Mokodongan) menginginkan acara ini digelar meriah dengan tidak meninggalkan tradisi daerah, masyarakat juga diminta untuk satu hati mendukung seluruh kegiatan demi kegiatan ultah ini’,' katanya, didampingi Plt Kasubag Pengumpulan Informasi dan Pemberitaan Ronald Mokoginta SIP.