Rabu, 8 Februari 2012 – 20:19 WITA Telah dibaca 903 kali

SBM Resmikan Stasiun Pengisian Solar di Labuan Uki

Bupati Mokodongan dalam sebuah kesempatan.

Bupati Bolmong Hi Salihi B Mokodongan (SBM) meresmikan stasiun bahan bakar minyak solar melalui Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN) di Desa Labuan Uki, Kecamatan Lolak, Rabu (8/2).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Bolmong Hi Salihi B Mokodongan, Ketua Tim Penggerak PKK Bolmong Ny Hj Rumi Mokodongan-Dilapanga, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Bolmong Ny Lesly L Tuuk-Kaligis, Ketua PAN SULUT Ir Hj Tatong Bara yang juga tokmas SULUT, anggota DPRD Bolmong masing-masing Frets Modeong, Yusuf K Mooduto, dan Eliesar Nangkoda, Camat Lolak Ny Hj Farida Mooduto Spd, Kapolsek Lolak AKP Dadang Suhendra, Dandramil Lolak Lettu Zet Tahapari, dan sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Menurut SBM, keberadaan SPDN di desa ini (Labuan Uki), diyakini, akan memberi dampak positif, pada proses pertumbuhan, perekomonian masyarakat, karena kegiatan ataupun transaksi, antara sentra produksi, khususnya bidang perikanan, dengan daerah pemasaran, akan semakin lancar. Kedepan nanti, kelancaran pembangunan dapat dipercepat, sehingga mampu menunjang, stabilitas sosial dan perekomonian masyarakat di daerah ini. '‘kepada para petugas yang nantinya akan mengelola SPDN ini, saya mintakan untuk senantiasa menjaga, dan mengelola dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat berfungsi sebagaimana yang diharapkan’,' pesan Mokodongan di sela-sela sambutan peresmian SPDN di Desa Labuan Uki.

Ia menambahkan, kepada masyarakat nelayan, sebagai pembeli solar, dimintakan untuk, senantiasa turut menjaga, dan memelihara keadaan sarana, dan prasarana pelabuhan yang ada, demi tetap terjaganya kelancaran kegiatan di pelabuhan. '‘Selanjutnya, dengan lebih tersedianya sarana prasarana pelabuhan saat ini, maka saya mintakan agar masyarakat terus bekerja keras, memanfaatkan setiap potensi ekonomi yang ada di sekitar saudara-saudara’,' ajaknya.

Lanjut Salihi, potensi perikanan yang cukup besar, haruslah pula dimanfaatkan, dengan sebaik-baiknya, sebab sesungguhnya, kesejahteraan, dan kelayakan hidup masyarakat, tidaklah sepenuhnya tergantung kepada pemerintah, tetapi terletak pada, pola sikap dan keinginan masyarakat itu sendiri, dalam berkiprah untuk pemenuhan kebutuhan hidup keluarganya. '‘Akhirnya dengan memanjatkan, puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, serta memohon tuntunan dan ridohnya, penggunaan stasiun bahan bakar minyak solar khusus nelayan, SPDN di desa Labuan Uki secara resmi saya nyatakan dimulai’,' katanya.

Salihi kembali mengungkapkan rasa gembira. Apalagi, pihak pertamina yang telah memberikan peluang bagi masyarakat Bolmong, untuk membangun SPDN. '‘Saya secara pribadi, dan atas nama Pemda, mengucapkan terima kasih kepada pihak pertamina, khususnya kepada keluarga Tenges Tuerah, atas pembangunan SPDN ini’,' tutupnya.

Dikonfirmasi terpisah, sejumlah nelayan di pesisir Labuan Uki merasa senang dengan adanya stasiun pengisian bahan bakar minyak solar tersebut. '‘Kami tidak jauh-jauh lagi cari bbs (bahan bakar solar, red). Ini juga tidak terlepas dari perhatian pemerintah’,' aku Udin Salasa, warga Kampung Labuan Desa Labuan Uki, Kecamatan Lolak.