Minggu, 5 Februari 2012 – 08:32 WITA Telah dibaca 1608 kali

Durian Tanamon Dinikmati Warga Lintas Kota

Musim durian yang sudah berlangsung sejak akhir tahun 2011 hingga kini masih dapat dinikmati. Salah satu tempat di mana buah ini dengsn mudah ditemukan adalah di jalan raya Trans Sulawesi, tepatnya di desa Tanamon kabupaten Bolmong.

Selain ketersediaan buah durian yang terdiri dari berbagai jenis, tempat ini juga menjadi incaran para penkmat buah berkulit tajam namun memiliki isi yang kenyal dan lembut itu karena lokasinya yang strategis dengan harga yang bersahabat.

Seorang pelintas jalan raya Trans Sulawesi mengskui bahwa setiap melewati jalan trans menuju Kotamobagu, dirinya sempatkan diri mampir di salah satu kios penjual durian dinTanamon. Harga yang kompetitif menjadi alasanya untuk mampir. "Pertama hanya coba, karena melihat banyaknya pajangan durian. Ternyata, durian di sini sedap dan segar", ungkap Fren yang memang penikmat durian itu. Dirinya mengaku pernah beberapa kali mampir di tempat lain tetapi kurang memuaskan.

Bagi penduduk setempat, musim durian sudah pasti membawa berkah ekonomi. "Lumayan buat tambsh penghasilan", ungkap Jaya, penjual durian yang mangkal penduduk Tanamon yang beralih profesi menjadi penjual durian selama musim berangsung. Dirinya mengaku mengambil durian di hutan. "dari sini, naik motor sambung jalan kaki", jelasnya tentang blokasi pohon saat ditanya berapa harga al di pohon. Jaka pun menunjukan jenis-jenis durian yang dimilikinya. Terhitung lima jenis durian yang diperlihatkannya kepada SUARAMANADO, mulai dari durian gajah, durian berulit tebal, durian warna kuning, putih dan berbiji tipis.