Senin, 3 Oktober 2011 – 09:08 WITA Telah dibaca 1765 kali

Banyak Proyek Drainase Bolmong Amburadul

Hasan: Pemerintah Harus Proaktif

Gerbang kota Kotamobagu.

Banyaknya proyek jalan dan drainase yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) sampai sekarang ini selalu menjadi polemic bagi warga bolmong. Hal ini diungkapkan Sudirman Hasan, sebagai Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (SULUT), kepada SUARAMANADO, Minggu (2/10) melalui telepon.

Dijelaskan Hasan, tepatnya di desa Sangtongbolang Kecamatan Lolak, banyak keluhan dari masyarakat tentang pekerjaan yang asal-asalan pembuatan jalan maupun drainase, dan ini perlu diperhatikan oleh Pemerintah.
"Drainase jadi kendala dari masyarakat untuk melakukan penanaman padi, karena drainase yang seharusnya ada anggaran untuk masa pemeliharaan kedepan, namun dari Balai yang mengerjakan drainase di desa sangtongbolang, tidak ada kejelasannya dalam pembuatan pekerjaan itu", ujar Hasan.

Lanjut Hasan, Persoalan drainase ternyata sudah lama jadi persoalan di desa tersebut, dan sudah di laporkan pula ke tingkat dinas terkait tapi sampai saat ini belum ada tindak lanjut.

"Harusnya balai pengairan yang bertanggung jawab dalam menangani persoalan tersebut harus segera bertindak sebab ini menyangkut kehidupan masyarakat Bolangmongondow, dan pastinya akan berpengaruh terhadap sektor pertanian, jika para petani gagal panen diakibatkan oleh pekerjaan drainase yang amburadul", tutur Hasan.

Hasan menambahkan, Balai Pengairan harus selalu melakukan peninjauan dan perbaikan apabila terjadi persoalan terhadap sistim drainase, sebab sudah merupakan tugas dan tanggungjawab dinas tersebut untuk melaksanakan program itu.

"Dalam anggaran perbaikan dan perawatan kan sudah tertata di APBD dan harus di jalankan sebanyak lima kali pengawasan dalam setahun, jadi sebenarnya untuk persoalan anggaran sudah bukan masalah lagi. Untuk itu saya selaku wakil dari Bolaang mongondow akan memperjuangkan penataan dan perawatan sistim drainase tersebut, sehingga dapat berjalan dengan baik demi kelangsungan hidup mereka", tandas Hasan.